STIMULUS COVID-19 DIPERPANJANG! PROMO SUPER MERDEKA LISTRIK TAMBAH DAYA HANYA RP. 202.100

elmitra 95 FM Juli 15, 2021 0
STIMULUS COVID-19 DIPERPANJANG! PROMO SUPER MERDEKA LISTRIK TAMBAH DAYA HANYA RP. 202.100

Radio Elmitra Talkshow – PLN UP3 Sukabumi melakukan talkshow di Radio Elmita 95 FM membahas tentang “Promo Super Merdeka, Perpanjangan Stimulus, dan K2” dihadiri oleh Iko, Wulan, Sofi dan Adit hari Rabu (14/07/21).

Stimulus Covid-19 merupakan program pemerintah yang dijalan oleh PLN khusus untuk pelanggan-pelanggan PLN yang mendapatkan subsidi listrik beserta pelanggan yang pemakaiannya dibawah mininum.

Iko menjelaskan bahwa skema pemberian stimulus PLN diperpanjang sampai triwulan ke III tahun 2021.

“PLN akan memberikan diskon untuk pelanggan-pelanggan daya 450 VA dan 900 VA subsidi, pelanggan Rumah Tangga daya 450 VA akan mendapatkan 50% saat pembayaran tagihan listrik untuk pascabayar dan saat pembelian token untuk prabayar, dan diskon sebesar 25% untuk pelanggan 900 VA, berlaku juga untuk tarif bisnis untuk daya 450 VA dan 900 VA, dan diskon stimulus untuk daya 1300 VA yang pemakaiannya dibawah minimum” ungkapnya.

Iko menambahkan ada perbedaan antara stimulus pertama dengan yang ke-3 kalinya ini, khususnya bagi pelanggan prabayar jika sebelumnya diberikan langsung melalui kode token, sedangkan saat ini akan mendapatkan tambahan jumlah kWh ketika pembelian token.

Mengenai Promo Super Merdeka Listrik, Wulan mengatakan promo ini adalah pemberian harga spesial untuk biaya penyambungan pada layanan tambah daya konsumen tegangan rendah 1 phasa yaitu 450 VA dan 900 VA pada semua golongan tarif

“Tambah daya bisa dilakukan hingga 5500 VA dengan hanya membayar sebesar Rp. 202.100 dari biaya normal Rp. 5.766.950, sehingga pelanggan akan lebih hemat. Promo ini berlaku dari tanggal 14 Juli 2021 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2021” jelasnya.

Disamping penjelasan seputar Stimulus Covid-19 dan Promo Super Merdeka Listik, Adit kemudian memaparkan bahwa para pelanggan PLN juga harus mengenal tetang apa itu Keselamatan Ketenagalistrikan (K2). Ia mengatakan penting bagi para pelanggan PLN mengetahui hal-hal tentang K2 agar dalam penggunaan listrik tetap aman.

“Pelanggan harus memperhatikan beberapa hal ini. Pertama, dilarang memasang antena, reklame, baliho, umbul-umbul, dan sejenisnya  yang dekat dengan jaringan listrik PLN. Kedua, jangan bermain layang-layang berdekatan dengan jaringan listrik PLN. Ketiga, dilarang mencantol listrik PLN atau levering karena selain berbahaya juga termasuk tindakan illegal. Keempat, melakukan pembangunan atau renovasi bangunan yang terlalu dekat dengan jaringan lilstrik PLN, sebaiknya komunikasian dulu dengan pihak PLN ” bebernya.

Adit menambahkan bahwa hal lain yang perlu diperhatian juga adalah jarak aman dengan kabel SUTM. Diantaranya jalan utama atau jalan raya memiliki jarak aman 6 meter dari kabel SUTM, jalan desa setidaknya 5 meter dari kabel SUTM, halaman penduduk atau tanah kosong dengan jarak aman 4 meter, dan balkon rumah dengan jarak aman 2,5 meter.

Sedangkan Sofi menjelaskan ada dua jenis sifat pemadaman listrik PLN yaitu bersifat gangguan dan pemeliharaan kelistrikan.

“Pemadaman bersifat gangguan misalnya terdapat kegiatan masyarakat yang  mengganggu kelistrikan PLN, seperti levering, pemasangan antena, dan lain sebagainya tadi itu dapat menyebabkan pemadaman luas. Sedangkan dalam pemeliharaan kelistrikan, PLN tidak semena-mena melakukan pemadaman. Kita akan melakukan perencanaan, analisa apa saja yang sekiranya dapat berpotensi  gangguan agar tidak semakin parah atau bahkan kerusakan permanen. Pemadaman pemeliharaan kelistrikan juga akan diberitahukan sebelumnya kepada pelanggan PLN salah satunya melalui media sosial.” pungkasnya.

Leave A Response »