SOSIALISASIKAN PEMILU TAHUN 2019, KPU KABUPATEN SUKABUMI GELAR TALKSHOW INTERAKTIF

elmitra 95 FM January 26, 2019 0
SOSIALISASIKAN PEMILU TAHUN 2019, KPU KABUPATEN SUKABUMI GELAR TALKSHOW INTERAKTIF

Sabtu, 26 Januari 2019 KPU Kab. Sukabumi menggelar talkshow di Radio Elmitra 95 FM yang membahas mengenai “Sosialisasi Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019” hadir sebagai Narasumber Ferry Gustaman, SH selaku ketua KPU Kab. Sukabumi & Talkshow tersebut dikemas secara interaltif.

6

Dalam kesempatan tersebut ketua KPU Kab.Sukabumi Ferry Gustaman menyampaikan “bawasanya pihak KPU sampai saat ini masih terus mensosialisasikan mengenai tahapan, dan juga jadwal penyelenggraan pemilu 2019, dan menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk menggunaka hak pilihnya pada saat pemilu nanti pada 17 April 2019”.

Selain itu, KPU kab.Sukabumi pun sangat memperhatikan kaum disabilitas untuk menggunakan hak pilihnya, KPU tidak asal memasukkan seseorang dalam DPT  termasuk ODGJ. syarat baru yang harus dilengkapi ODGJ untuk mencoblos adalah harus memiliki surat keterangan sehat dari dokter.

Adapun untuk masa kampanye dilaksanakan mulai dari 23 september 2018 sampai dengan 13 April 2019 mendatang, dalam hal ini KPU memfasilitasi pemasangan alat peraga di tempat umum, iklan media cetak, media elektronik dan media jaringan. debat calon presiden dan wakil presiden. Di Kabupaten Sukabumi sendiri jumlah Daftar Calon Tetap (DCT) sebanyak 599 orang di bagi 6 dapil, sedangkan jumlah pemilih tetap berjumlah 1. 826.011. perlu diketahui juag untuk calon Presiden & Wakil Presiden pemilu 2019 berjumlah 2 pasangan calon. Nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno”.

3

Lebih Lanjut, Ferry Gustaman menambahkan “Terkait kotak suara kardus berbahan karton dupleks sudah dipakai sejak Pemilu Tahun 2014,  tentunya KPU sudah mempertimbangkan segalanya sebaik mungkin, bahan tersebut bisa lebih praktis dan relatif lebih mudah didistribusikan, tak memakan banyak tempat karena bisa dilipat, sedangkan untuk kekuatannya pun bisa di uji. Semua peserta pemilih pada saat pemilu nanti akan di berikan 5 (lima) lembar kertas suara untuk di coblos, dengan warna kertas yang berbeda yakni, warna abu-abu untuk Presiden dan Wakil presiden. Warna kuning untuk pemilihan DPR RI, warna merah untuk DPD RI, warna biru untuk DPRD Provinsi dan terakhir warna Hijau untuk pemilihan DPRD Kab/kota”.

Diakhir Segment Ferry Gustaman menyampaikan “Harus di ketahui oleh seluruh masyarakat terutama di Kabupaten Sukabumi bahwa KPU bersifat independen dan berkewajiban untuk selalu melayani seluruh peserta pemilu & masyarakat umum, diharapkan pada pemilu Tahun 2019 ini Partisipasi masyarakat bisa naik melebihi target nasional 77,5%. Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat tentunya KPU tidak bisa bekerja sendiri, perlu adanya dorongan dari seluruh element masyarakat”.

 

Leave A Response »