SOSIALISASIKAN JABINSA, UPAYA PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL DI TINGKAT DESA

elmitra 95 FM Maret 18, 2021 0
SOSIALISASIKAN JABINSA, UPAYA PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL DI TINGKAT DESA

Radio Elmitra Talkshow – Radio Elmitra 95 FM gelar special program talkshow  Jaksa Bina Desa (Jabinsa) bersama Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi Bambang Yunianto,SH., Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara,BBA,SH., Direktur Utama Perumda BPR Sukabumi yang diwakili Kepala Bidang Pemasaran Heri Firmansyah SE., dan Pemerhati Desa Ferry Permana S.pd., Dengan tema pembahasan “Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tingkat Desa”, yang dipandu oleh Host Sri Raos Dewi dan Kang Merwan bersama Si Cepot, Rabu (17/03/2021).

Bambang Yunianto mengatakan program Jabinsa diluncurkan pada tanggal 8 Desember 2020 dalam rangka menyambut Hari Anti Korupsi dengan tujuan untuk menciptakan gerakan desa anti korupsi. Program Jabinsa juga dilatarbelakangi oleh luasnya wilayah Kabupaten Sukabumi.

“sampai dengan saat ini, yang dilaporkan ke saya selaku Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi, mereka sudah turun ke 38 Kecamatan dan sekitar 250 desa,  ini memang merupakan wujud konkrit dari Kejari Kabupaten Sukabumi” terangya.

Bambang menambahkan kegiatan Jabinsa yang sudah dilaksanakan salah satunya adalah berdiskusi dengan masyarakat terkait dengan problematika yang terjadi di masyarakat dengan cara terjun langsung ke lapangan.

“respon dari masyarakat yang disampaikan kepada saya melalui aparat desa baik itu di kabupaten maupun di tingkat kecamatan menyampaikan respon yang positif, jadi mereka sangat antusias sekali dengan adanya Jabinsa.” ujarnya.

Bambang  berharap program Jabinsa ini dapat terus berkelanjutan dan program Jabinsa selalu hadir di masyarakat serta masyarakat pun lebih merasakan manfaatnya.

Sementara itu Yudha Sukmagara mengatakan adanya pandemi covid-19 ini menyebabkan penurunan di sektor ekonomi, tidak hanya di wilayah Kabupaten tapi juga Nasional bahkan berdampak ke seluruh dunia.

“Pastinya dengan penurunan di dunia ekonomi terjadilah sebuah angka-angka kemiskinan yang meningkat secara drastis. Disitu kita DPRD melihat bahwa perlu adanya sebuah pemulihan ekonomi secara nasional.” ungkapnya.

Sebagai Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha mengapresiasi program Jabinsa yang di inisiasi oleh Kejari Kabupaten Sukabumi dengan melakukan pendampingan dan mengedukasi masyarakat sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional.

“salahsatu stimulus pemulihan ekonomi, yaitu pembangunan yang dilakukan di Kabupaten Sukabumi melalui anggaran dari APBD, untuk tahun 2021 sudah ada skala prioritas pembangunan seperti fasilitas umum, perbaikan jalan dan sarana umum lainnya” tambahnya.

Sedangkan Heri Firmansyah mengatakan sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional Perumda BPR Sukabumi meluncurkan program sahabat mikro yang ditujukan untuk masyarakat khususnya yang berdomisili di wilayah Kabupaten Sukabumi dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian di daerah serta mengurangi pergerakan lintah darat atau rentenir yang ada di daerah.

“Dengan program ini pada tanggal 5 maret 2021 kami telah melakukan kerja sama sekecamatan Kalapanunggal dan Kabandungan dengan beberapa Desa. Jadi kita libatkan unsur Desa disini karena yang tahu karakteristik, perilaku, sumber ekonomi, sektor ekonomi pastinya adalah para Kepala Desa.” jelasnya.

Heri juga berharap dengan adanya program ini pemulihan ekonomi nasional dan percepatan akses keuangan di daerah kedepannya bisa dinikmati oleh masyarakat perdesaan.

Saat ini perumda BPR juga tidak hanya memberikan dana kepada masyarakat, namun juga memberikan edukasi literasi keuangan sehingga masyarakat terampil dalam mengelola keuangan.

“Harapan kami berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan ingin mewujudkan program ini ditengah masyarakat, apalagi ditengah pandemi ini menjadikan kabupaten sukabumi yang tahan perekonomiannya dari ancaman-ancaman yang akan merusak perekonomian di daerah.” tandasnya.

Pemerhati Desa Ferry Permana berpendapat membangun kabupaten Sukabumi harus dilakukan bersama-sama dan mendorong para pemangku kebijakan dan juga stake holder terkait membuat pelatihan-pelatihan kerja khusus di Desa supaya masyarakat di Desa bisa mengakses dunia pekerjaan yang ada di Sukabumi.

Dengan adanya program Jabinsa Ferry menyambut baik dan dirinya merasa senang karena mendapat banyak respon positif dari masyarakat.

“kita ingin ada penguatan juga dari pihak pemerintah yaitu dari DPRD untuk senantiasa membantu mengawasi proses ini.” pungkasnya.

Host : Her

Leave A Response »