Sistem Antrian Online JKN-KIS Mendukung FKTP Berikan Pelayanan Terbaik

elmitra 95 FM Oktober 29, 2019 0
Sistem Antrian Online JKN-KIS Mendukung FKTP Berikan Pelayanan Terbaik

Sukabumi, Jamkesnews – Peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah merasakan manfaat dari program ini tentu sangat faham mengenai alur pelayanan kesehatan yang harus ditempuh. Dimana system rujukan berjenjang dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan peserta mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan medisnya

Adanya Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang menjadi mitra BPJS Kesehatan dan sebagai titik awal peserta mendapatkan pelayanan, selalu terpacu untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta JKN-KIS yang sudah terdaftar. Salah satunya dengan turut memanfaatkan system antrian online yang membantu tidak hanya peserta tetapi pihak FKTP juga. Seperti yang telah dilakukan oleh Klinik Enda Nandarisa Kabupaten Sukabumi yang telah menerapkannya.

“Kami mengajukan instalasi aplikasi antrian online yang terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN, sehingga kami dapat lebih cepat mendapatkan data peserta yang akan berobat karena peserta yang bersangkutan telah melakukan pendaftaran mandiri secara online melalui aplikasi mobile JKN langsung lewat gadget yang mereka dimiliki” ungkap Fatria Nurhayati (19)petugas administrasi klinik Enda Nandarisa kepada tim Jamkesnews, selasa (22/10).

Bagi Fatria yang biasa berinteraksi dengan peserta JKN-KIS yang berobat, system ini sangat membantu tugasnya sehari – hari. Sistem antrian online ini membantu mengurai antrian peserta, mengurangi penumpukan pasien di ruang tunggu faskes, dan memberikan layanan terbaik yang terintegrasi melalui aplikasi Mobile JKN dan PCare.

“Secara administratif kami terbantu sekali dari segi waktu pelayanan, karena kami dapat melayani dengan lebih cepat dan tidak perlu lagi melakukan entri pendaftaran karena sudah otomatis terekam di aplikasi PCare” ujar Fatria.

Sistem ini telah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN yang telah dikenal masyarakat. Penerapannya bagi peserta bertujuan untuk memberikan kenyamanan saat berobat di FKTP, untuk mendapatkan informasi waktu tunggu yang lebih pasti, dan tentunya mendapatkan pelayanan terbaik sesuai dengan indikasi medis yang dibutuhkan.

Dengan di terapkannya system antrian online ini menjadi solusi untuk FKTP meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS yang berobat dan peserta mendapatkan pelayanan medis yang dibutuhkan lebih cepat tanpa mengkhawatirkan antrian. (kw/ne)

*Sumber : JamkesNews

Leave A Response »