Sinergi DPR RI Untuk Mantapkan Pemahaman Masyarakat Tentang JKN-KIS

elmitra 95 FM Januari 4, 2021 0
Sinergi DPR RI Untuk Mantapkan Pemahaman Masyarakat Tentang JKN-KIS

Radio Elmitra Sukabumi, Jamkesnews – BPJS Kesehatan terus memastikan seluruh lapisan masyarakat memahami Program JKN-KIS. Kali ini, bersama dengan Anggota Komisi IX DPR RI, BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi memberikan informasi dan mengedukasi warga Desa Dibolang, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi terkait arti pentingnya Program JKN-KIS

Anggota Komisi IX DPR RI, Dewi Asmara menyebut kegiatan yang yang dilakukan semata-mata untuk memastikan informasi seputar Program JKN-KIS yang terkini dapat diketahui oleh masyarakat. Dewi mengingatkan masyarakat yang hadir akan pentingnya Program JKN-KIS, program pemerintah yang mengupayakan kesejahteraan sosial warga negara dalam bidang kesehatan. Program yang hadir dengan memberikan manfaat besar tanpa melihat perbedaan berbagai macam lapisan dan latar belakang masyarakat.

“Masyarakat dapat menjadi peserta JKN-KIS dengan mendaftar sesuai kemampuannya, ini menjadi bukti kesadaran kita semua akan pentingnya program ini,” ujar Dewi.

Dewi menambahkan kini pelayanan JKN-KIS dapat di akses oleh masyarakat di seluruh pelosok Indonesia. Sudah banyak fasilitas kesehatan yang sudah menjadi mitra BPJS Kesehatan untuk melayani pesertanya, mulai dari fasilitas tingkat pertama dan juga tingkat lanjut, yang harus melayani dengan baik tanpa membeda-bedakan.

“Jika ada kendala saat menggunakan JKN-KIS secepatnya untuk menghubungi petugas yang terkait, supaya secepatnya bisa ditangani sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” imbau Dewi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi Yudhi Wahyu Cahyono mengatakan bahwa kendala yang dihadapi masyarakat sudah seharusnya disampaikan sebagai salah satu bentuk monitoring dan evaluasi bagaimana pelayanan tersebut telah dilakukan. Tentunya dengan informasi yang disampaikan oleh masyarakat tersebut akan menjadi masukan terhadap penyelenggaraan Program JKN-KIS yang lebih baik lagi.

“Dengan masyarakat menyampaikan atau melapor kendala yang ada akan mencegah hal yang sama terulang lagi, oleh karena itu masyarakat jangan ragu untuk berkoordinasi dengan petugas terkait dan mendapatkan informasi serta penanganan secepatnya,” kata Yudhi.

Pelayanan yang dimaksud tidak hanya pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, masyarakat juga dapat memberikan feedback mengenai pelayanan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan juga. Tidak lupa, Yudhi juga menyampaikan informasi seputar perkembangan inovasi pelayanan BPJS Kesehatan, seperti aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, CHIKA, VIKA serta Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA), masyarakat dapat mengakses dan memanfaatkanya cukup melalui gadget yang dimiliki, di rumah saja selama masa pandemi Corona Virus 19 (Covid-19) saat ini. (BS/ne)

Sumber : Jamkesnews.com

Leave A Response »