Siapa sih ODHA itu ?

elmitra 95 FM May 24, 2016 0
Siapa sih ODHA itu ?

ODHA adalah sebutan untuk orang-orang yang telah mengidap HIV/AIDS. Pada awal-awal kasus terjangkitnya HIV, kebanyakan orang tersebut cenderung menunjukkan reaksi-reaksi keras seperti menolak hasil tes, menangis, menyesali dan memarahi diri sendiri, bahkan mengucilkan diri sendiri. Saat-saat seperti itu merupakan gejala psikologis yang justru dapat membuat orang tersebut semaikin terpuruk. Pembinaan terhadap ODHA diperlukan agar selanjutnya ODHA kembali melanjutkan hidup.

ODHA bukan berarti akhir. ODHA masih dapat bertahan hidup selama 5-10 tahun. Sekarang tinggal bagaimana ODHA itu sendiri mengisi hidupnya yang lebih berguna bagi diri sendiri. Menjalani hidup yang produktif

Salah satunya dengan cara patuh meminum ARV  (Antiretroviral) agar virus HIV tidak terus menerus berkembang biak di dalam tubuh kita, Obat tersebut dimaksudkan untuk menekan perkembang biakan virus HIV. Bukan mematikan seratus persen, hanya menekan perkembangbiakannya. Ibarat pil KB, maka obat tersebut merupakan pil KB bagi virus HIV agar tidak beranak pinak sedemikian cepat.

Obat ARV diminum setiap hari sepanjang hidup pasien HIV AIDS. Menurut banyak panelitian, jika obat ARV diminum secara teratur sesuai anjuran dokter, maka obat ini akan efektif membantu pasien. Pasien akan merasakan kesegaran badan yang lebih baik. Berat badan meningkat setiap bulan.

20160521_170225

 

Peranan Warga Peduli Aids khususnya di Kabupaten Sukabumi sendiri memang sangat di perlukan agar semua warga tidak mendiskriminasi seseorang yang terjangkit HIV, dan warga peduli aids juga sering memberikan sosialisasi kepada warga khususnya Kabupaten Sukabumi agar paham terhadap HIV, dan bagi para ODHA diberikan pimbingan agar patuh meminum ARV (Antiretroviral). Sukabumi 21 Mei 2016

Leave A Response »