Sapa Radio BNNK Sukabumi “Remaja Andal Tangkal Narkoba”

elmitra 95 FM Agustus 26, 2022 0
Sapa Radio BNNK Sukabumi “Remaja Andal Tangkal Narkoba”

Radio Elmitra Talkshow – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sukabumi melaksanakan Program Talkshow membahas tentang Remaja Andal Tangkal Narkoba dengan narasumber Penyuluh Narkoba BNNK Sukabumi, Erza Nur Afrilia dan M. Febryansyah, Kamis (25 Agustus 2022).

Angka penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja selama setahun terakhir secara nasional di tingkat SMP terdapat ±12.193 jiwa, kemudian di tingkat SMA ±102.700 jiwa.

“Dibutuhkan perhatian karena marak terjadi kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja, penerus bangsa usia produktif yang seharusnya bisa memajukan kehidupan bangsa” ungkap erza.

Pada faktanya, sumber perolehan narkoba dari teman dan lingkungan, meurutnya 3 faktor anak remaja terjerumus dalam narkoba, diantaranya motivasi dari sendiri yang merasa butuh identitas, akses yang mudah untuk mendapatkan narkoba, dan Pihak ketiga/lingkungan.

Ezra menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan dan mengawasi para anak remaja nya agar tidak terjerumus ke penyalahgunaan narkoba. 

“Ciri khusus anak yang mengkonsumsi narkoba diantaranya, perubahan perilaku, sikap, dan fisik, tandasnya.

Sementara Febry menyampaikan 4 langkah yang perlu diketahui bahwa kita harus tahu dan sadar bahwa obat-obat terlarang bisa membawa kita kepada kasus hukum, gali potensi yang ada pada keluarga, coba untuk menghindari situasi yang memungkinkan diri kita ditawari obat-obatan terlarang dan alkohol, serta tetaplah berpegang teguh jika mereka mendesak.

“Intinya kuatkan diri sendiri, serta komitmen agar jangan sampai terjerumus ke penyalahgunaan narkoba” jelas Febry.

Kepada Adik-adik remaja diharapkan menjadi andal, tangguh, kuat supaya tidak terjerumus kepada penyalahgunaan narkoba serta mempunyai keberani untuk mengatakan Tidak Pada Narkoba.

Diakhir talkshow Ezra dan Febry berpesan kita tidak sendirian, syukuri dan ambil makna positif dari berbagai situasi dalam kehidupan dan takdir.

Rep/Editor : Imelda/D1aJA

Leave A Response »