Sapa Radio BNNK Sukabumi “Indonesia Drugs Report 2021”

elmitra 95 FM Juli 22, 2022 0
Sapa Radio BNNK Sukabumi “Indonesia Drugs Report 2021”

Radio Elmitra Talkshow – BNNK Sukabumi melakukan talkshow di Radio Elmitra 95FM dengan tema “Indonesia Drugs Report 2021”, dengan Narasumber Vita Sondari S.Kep selaku Perawat Seksi Rehabilitasi BNNK Sukabumi, Kamis (21 Juli 2022). 

Vita mengatakan Indonesia Drugs Report merupakan salah satu buku yang dikeluarkan oleh BNN RI setiap tahun yang isinya berupa data-data hasil kinerja dari BNN dan juga Kementrian lain seperti Kementrian Kesehatan dan Kementrian Sosial terkait P4GN. 

“Disitu ada data prevalensi penyalangunaan narkoba kemudian ada data pemetaan kawasan rawan dan jumlah tes urine yang dilakukan oleh BNN tahun 2021, ada juga jumlah kasus tersangka dan barang bukti, ada juga jalur penyelundupan, dan harga narkoba yang beredar di pasaran Indonesia” ungkapnya. 

Vita mengungkapkan berdasarkan data survey angka penyalahgunaan narkoba, pada tahun tahun 2019 sebesar 1,80% mengalami kenaikan menjadi 1,95% ditahun 2021

“Kemudian resiko perempuan terpapar juga mengalami peningkatan, menariknya dalam penilitian ini adalah kebanyakan perempuan yang menyalahgunakan narkoba ternyata adalah ibu rumah tangga, dari hasil survey salah satu penyebab merupakan lingkungan tempat tinggalnya yang juga menyalahgunakan narkoba” jelasnya. 

Vita juga mengatakan ada sejumlah kawasan rawan narkoba dengan indikator pokok yang dikategorikan menjadi beberapa bagian diantaranya adanya kasus penyalahgunaan narkoba, adanya angka kriminalitas, ada bandar, ada produksi narkoba disitu, ada penyalah guna narkoba ada barang bukti ada entry point narkoba dan ada kurir.

“untuk di Jawa Barat sendiri dari hasil penelitian ternyata ada 22 kawasan yang masuk kawasan bahaya narkoba sedangkan untuk disukabumi sendiri ada 2 kawasan yang termasuk kategori bahaya yaitu di Palabuhan Ratu dan Desa Tenjolaya, Cicurug, untuk kawasan waspada yaitu di daerah Cibolang, Cibatu dan Cisaat” jelasnya. 

Vita berharap data ini bisa menjadi acuan kinerja BNNK selanjutnya dan menjadi informasi kepada masyarakat bahwa penyalahgunaan narkoba itu masih tinggi. Vita juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjauhi narkoba.

Editor : D1aJA

Leave A Response »