RUJUKAN ONLINE, PERMUDAH LAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT

elmitra 95 FM August 21, 2018 0
RUJUKAN ONLINE, PERMUDAH LAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT

3

Dalam rangka mensosialisasikan Program Rujukan Online, BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi menggelar Talkshow di Radio Elmitra 95 Fm Sukabumi dengan tema pembahasan “Inovasi Rujukan Online”, Selasa 21 Agustus 2018. Hadir sebagai Narasumber Dwi Ayularasati (Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi) didampingi Inne Indah Susanti (Staf Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi) dan Kepala Puskesmas Sukabumi Drg. Suhendro Rusli. Talkshow tersebut dikawal langsung oleh Announcer Ica Raos Andara dan Ucup Raos Bro.

Dwi Ayularasati (Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi) mengatakan “sistem rujukan online tersebut telah resmi di uji cobakan secara serentak di Indonesia di 20.906 fasilitas kesehatan pada tanggal 15 Agustus 2018. Dan akan resmi mulai di jalankan pada tanggal 01 September 2018. Sistem rujukan online ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di fasilitas kesehatan.  Nilai plusnya, rujukan online bersifat real time dari FKTP ke FKRTL, serta menggunakan digital documentation. Data dari P-Care di FKTP langsung terkoneksike FKRTL sehingga memudahkan analisis data calon pasien”.

2

Dwi Ayularasati menambahkanSistem rujukan online memberikan kemudahan dan kepastian layanan sesuai kompetensi  yang dibutuhkan serta mendekatkan layanan kepada peserta, menghemat waktu tunggu peserta untuk berobat karena mengurai antrian yang menumpuk pada faskes penerima rujukan, dan lebih memudahkan peserta untuk mendapatkan informasi tentang fasilitas kesehatan yang dapat memberikan pelayanan sesuai indikasi medis yang dibutuhkan”.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sukabumi, Drg. Suhendro Rusli mengatakan “rujukan online ini sangat baik sekali, karena saat ini sudah era digitalisasi artinya teknologi diciptakan untuk memudahkan, termasuk untuk rujukan. Karena salah satu manfaat bagi peserta JKN-KIS adalah akan mendapatkan kepastian untuk kemudahaan akses. Salah satu contohnya di wilayah Puskesmas Kota Sukabumi yang terdiri dari 3 kelurahan dengan akses rumah sakit rujukan terdekatnya yaitu Hermina & RS Ridogalih”.

Selain itu, Drg. Suhendro Rusli menambahkan “masyarakat terlebih dahulu harus memahami apa itu rujukan, rujukan itu adalah hak Prerogatif dokter yang memeriksa. Rujukan itu dengan mekanisme jika di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama tidak bisa menangani maka di rujuk ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan, namun sebenarnya di FKTP pun menangani hampir 150 macam penyakit”.

Leave A Response »