RESMIKAN SAMADES, PEMKOT SUKABUMI TANDATANGANI KERJASAMA DENGAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT

elmitra 95 FM May 9, 2018 0
RESMIKAN SAMADES, PEMKOT SUKABUMI TANDATANGANI KERJASAMA DENGAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT

Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Sukabumi dan Bapenda Jawa Barat menggelar sosialisasi Intensifikasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Peresmian Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor melalui Samsat Masuk Desa (SAMADES) dan Penandatanganan Bersama Perjanjian Kerjasama Antara Pemerintah Daerah Kota Sukabumi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tentang Peningkatan layanan SAMSAT dan Kepatuhan Masyarakat Dalam Melaksanakan Kewajiban Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di wilayah Kota Sukabumi, bertempat di Hotel Maxone Sukabumi, Rabu 09 Mei 2018.

2

Dalam kesempatan tersebut Sekertaris BPKD Kota Sukabumi Yayat Hidayat mewakili Walikota Sukabumi Yang didampingi Nuke Siti Nurhuda (Kepala Bidang Perencanaan dan pengembangan BAPENDA Jawa Barat), H. Unang Djunaedi Djuminta  (Kepala Bidang Penagihan Pajak dan Bukan Pajak BPKD Kota Sukabumi) dan H. Iwan Juanda (Kepala Cabang SAMSAT CPPD Kota Sukabumi) meresmikan Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor melalui Samsat Masuk Desa (SAMADES) yang ada di Kelurahan Warudoyong ditandai dengan pemukulan Gong, yang juga di ikuti perwakilan dari Jasa Raharja, Polres Sukabumi Kota,  Camat Se Kota Sukabumi, Lurah Se Kota Sukabumi,  para kader Taat Pajak dan Tamu Undangan Lainnya.

Sekertaris BPKD Kota Sukabumi Yayat Hidayat mengatakan “kegiatan sosialisasi ini sehubungan dengan masih banyaknya wajib pajak yang belum membayar pajak kendaraan bermotor, KTMDU di kota Sukabumi sebanyak 42 ribu yang belum membayar dari 122 ribu atau kurang lebih sekitar 38 %. adapun untuk penggunaan hasil pajak yang sudah masuk KAS Daerah tergantung PAPD,  namun yang pasti salah satunya untuk pembangunan jalan”.

1

Nuke Siti Nurhuda (Kepala Bidang Perencanaan dan pengembangan BAPENDA Jawa Barat) mengatakan “ kegiatan ini untuk membatu BAPENDA Provinsi Jawa Barat dalam optimalisasi pendapatan pajak kendaraan bermotor di Kabupaten/ Kota, salah satunya dengan Program SAMADES yaitu salah satu sarana pelayanan publik yang disiapkan di kantor desa/Kelurahan”.

Terkait pembagian hasil pajak, Nuke Siti Nurhuda mengatakan “Provinsi mendapatkan 70% dan 30% untuk Kabupaten/ Kota. dikarenakan ada bagi hasil,  maka cukup penting sekali peran Kabupaten/kota  untuk intensifikasi pendapatan dari sektor pajak”.

Sementara itu, H. Iwan Juanda (Kepala Cabang SAMSAT CPPD Kota Sukabumi) mengatakan “untuk penandatanganan MOU Kerjasama Antara Pemerintah Daerah Kota Sukabumi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan dilaksanakan pada Rabu malam tanggal  09 Mei 2018 sekitar Jam 20:00 Wib di Rumah Dinas Walikota Sukabumi, yang akan di tandatangani oleh Walikota Sukabumi dan Kepala BAPENDA Jawa Barat”.

Leave A Response »