REMAJA MEMILIKI HAK YANG SAMA UNTUK MENENTUKAN MASA DEPANNYA

elmitra 95 FM September 16, 2018 0
REMAJA MEMILIKI HAK YANG SAMA UNTUK MENENTUKAN MASA DEPANNYA

Dalam rangka mengupayakan remaja yang mampu dan berdaya dalam partisipasi aktif menyuarakan hak,  PKBI Sukabumi menggelar Youth Camp Fun Games Program Yes I Do 2018 Tingkat Kabupaten Sukabumi yang bertemakan “Sukabumi Layak Anak”. Bertempat di Hotel Pondok Asri Selabintana Sukabumi, 15 – 16 September 2018.

5

Berbagai kegiatan dan penyampaian materi dilaksanakan dalam acara tersebut yang diikuti oleh perwakilan remaja dari Kecamatan Sukaraja dan Cisolok Kabupaten Sukabumi, turut hadir, Pembina PKBI Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan, Program Manager Yes I do Deri Irawan beserta jajaran dan tamu undangan lainnya.

Pembina PKBI Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan menyampaikan “memberikan pendidikan atau penyampaian materi melalui kegiatan Youth Camp Fun Games sangat baik sekali, karena untuk menyampaikan materi terhadap remaja harus dengan cara yang mudah jangan dengan metode yang berat,  agar dapat cepat dipahami. Para remaja yang mengikuti pelatihan ini sebagai pemancing atau contoh untuk bisa mengajak para remaja lain di sukabumi dalam melakukan hal yang positif dan menyadari serta mengerti Hak sebagai remaja”.

4

Sementara itu, Manager Program Yes I Do Deri Irawan mengatakan “Youth Camp Fun Games Program Yes I Do  Tingkat Kabupaten Sukabumi ini sudah 2 kali dilaksanakan dengan peserta yang berbeda. kali ini diikuti oleh target group program Yes I do diantaranya komunitas diskusi, teman sebaya dan forum anak desa (Cikelat, cisolok, limbangan dan Sukaraja)”.

Selain itu, Deri Irawan menambahkan “Dengan beberapa materi yang disampaikan diharapkan para remaja mengerti dan mampu melawan secara refleks segala hal yang bisa mengakibatkan kekerasan terhadap anak. adapun maksud dilaksanakan acara tersebut agar Remaja dapat berdiskusi dan berbagi informasi mengenai HKSR, Gender, Hak dan Perlindungan Anak, MYP-YAP dan Kewirausahaan dengan metode reflektif, Remaja dapat menerapkan prinsip teman sebaya Pelopor dan Pelapor (2P) untuk Self Early Warning System dalam Pencegahan pelecehan dan kekerasan seksual terhadap anak dan Remaja mampu menyuarakan dan ikut serta dalam upaya memperjuangkan isu pencegahan perkawinan anak, kehamilan remaja dan praktik berbahaya terhadap perempuan”.

Anggota Aliansi Remaja Independent (ARI) Sukabumi Mia Andini berpesan agar para remaja selalu mengupayakan apa yang menjadi cita-cita dalam hidupnya, remaja memiliki kesempatan dan Hak yang sama maka dari itu agar memanfaatkan waktu remaja itu dengan hal yang berguna dan bermakna untuk masa depan yang lebih baik.

 

Leave A Response »