PUNCAK PERINGATAN HIV AIDS TAHUN 2018 TINGKAT KOTA SUKABUMI

elmitra 95 FM December 5, 2018 0
PUNCAK PERINGATAN HIV AIDS TAHUN 2018 TINGKAT KOTA SUKABUMI

Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Sukabumi menggelar peringatan Puncak Hari Aids Sedunia Tahun 2018 tingkat Kota Sukabumi, dengan tema “Saya Berani Saya Sehat”. Bertempat di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Rabu 05 Desember 2018.

WhatsApp Image 2018-12-05 at 11.24.06(1)

Hadir Waikota Sukabumi sekaligus ketua KPA kota Sukabumi H. Achmad Fahmi, Sekertari KPA Kota Sukabumi H. Fifi Kusumajaya, Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, PKBI Sukabumi,  Intansi terkait, siswa/siswi dan tamu undangan lainnya.

Waikota Sukabumi  H. Achmad Fahmi menyampaikan “kegiatan ini adalah puncak peringatan Hari aids Sedunia tingkat Kota Sukabumi, dimaksudkan untuk merefleksi perjalanan HIV AIDS beberapa tahun terakhir. Dari data yang sudah disampaikan, angka penderita Hiv Aids di Kota Sukabumi cenderung naik. dalam satu sisi sebagai prestasi bagi KPA Kota Sukabumi karena bisa menemukan angka atau kasus baru, namun disisilain KPA Kota Sukabumi harus bekerja keras untuk menekan pertumbuhan Hiv Aids di Kota Sukabumi”.

WhatsApp Image 2018-12-05 at 11.24.06

Selain itu, H. Achmad Fahmi mengatakan “dari tahun 2016 – 2018 ada kenaikan angka,  KPA Kota Sukabumi akan terus mensosialisasikan kepada generasi muda agar berprilaku hidup sehat, karena penyebab salah satu Hiv Aids dari perilaku hidup yang tidak sehat, selain itu juga dikarenakan lewat jarum suntik dan sex bebas”.

Sementara itu, Sekertaris KPA Kota Sukabumi  H. Fifi Kusumajaya mengungkapkan “kondisi Hiv Aids ini harus ditangani dengan baik, karena sangat luar biasa pertumbuhannya. Sampai dengan September 2018, yang tercatat terinveksi sebanyak 1.373 orang, jumlah tersebut adalah warga Kota dan Warga luarkota yang tinggal di Kota Sukabumi, sedangkan untuk warga kota Sukabuminya sendiri berjumlah 670 orang”.

H. Fifi Kusumajaya menambahkan “sebagian besar orang yang terinveksi Hiv Aids ini adalah kalangan usia 25 – 49 tahun, ditingkat jawa barat Hiv di Kota Sukabumi menepati tingkat 11 dan untuk Aids menepati tingkat 7, sedangkan yang paling tinggi adalah Bandung. penanganan Hiv Aids ini sudah menjadi program tingkat nasional, pada sebelumnya pemerintah sudah mengeluarkan program TOP (temui, obati dan pertahankan), namun saat ini pemerintah sudah mengeluarkan metode baru yaitu dengan memberikan pendampingan langsung, dalam memberikan obat. Dengan seperti itu diharapkan ada penurunan angka, Hiv Aids ini harus ditangani bersama”.

Leave A Response »