Puasa di Amerika: Serunya Berbagi Dan Buka Bersama

elmitra 95 FM July 12, 2013 0

puasa-di-amerika-serunya-berbagi-dan-buka-bersama

Menjalankan ibadah puasa di Indonesia menjadi salah satu nilai lebih dan berkah tersendiri. Selain waktu puasa yang normal (12-13jam) perhari, penduduk Indonesia mayoritas Muslim sehingga terasa sekali berpuasa bersama dan menjalankan ibadah beramai-ramai ke masjid dan mushola. Mencari makanan dan kreasi menu untuk sahur dan berbuka pun relatif mudah karena banyak yang menjual dengan berbagai rasa dan harga. Namun bagaimana bila menjalankan ibadah puasa di Negeri Paman Sam, yang notabene di sana muslimnya tidak sebanyak di Indonesia?

Berpuasa di Amerika ternyata seru lho. Walau di sana tidak ada pengurangan jam kerja seperti kebanyakan perusahaan di Indonesia, mereka tetap menikmatinya. Selain itu, tidak ada perbedaan mencolok ketika bulan ramadhan atau tidak karena mayoritas non muslim jadi tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya. Tapi ketika waktu buka puasa tiba, mereka biasanya bergiliran berkumpul dari satu rumah ke rumah lainnya untuk berbuka puasa bersama.

Momen buka puasa bersama ini mulanya muncul ketika ada satu atau dua keluarga yang dalam satu kota, hanya mereka saja yang menjalankan ibadah puasa. Mereka kemudian berinisiatif untuk berkumpul kemudian buka dan sholat bersama. Tradisi ini kemudian menjamur di muslim Amerika, walau kadang masih aneh bagi budaya Timur seperti orang Indonesia. Namun tradisi ini membuat muslim di sana merasakan hidangan enak dari seluruh penjuru dunia dan mempererat tali silaturahmi.

Kini tidak hanya sesama muslim, non muslim pun ikut memeriahkan tradisi ini. Beberapa keluarga non muslim bahkan memasak masakan dari bahan-bahan halal dan mengundang tetangga muslim mereka untuk makan bersama. Bagi mereka, hal seperti inilah yang membuat erat hubungan dan menepis anggapan bahwa muslim adalah teroris dan menjauh dari yang bukan kaumnya.

Walau memiliki agama yang berbeda, banyak masyarakat Amerika yang berusaha menjaga kerukunan dan mempererat persaudaraan. Bagi mereka, semua manusia sama dan sudah seharusnya saling mendukung antara satu dan lainnya. Seru sekali ya, bagaimana dengan puasa di tempat Anda?

 

vemale.com

Leave A Response »