PROGRAM KITA BISA VOL. 6 “SULUH, TEMUKAN, OBATI, PERTAHANKAN”

elmitra 95 FM September 13, 2021 0
PROGRAM KITA BISA VOL. 6 “SULUH, TEMUKAN, OBATI, PERTAHANKAN”

Radio Elmitra Talkshow – Duta Pencegahan HIV-AIDS (DPHA) Kabupaten Sukabumi melaksanakan Talkshow Volume.6 “Suluh, Temukan, Obati, Pertahankan” di Radio Elmitra 95 FM dengan narasumber Neng Resti dan Irna Yani Sugandi, Jum’at (10/09/2021).

Suluh, Temukan, Obati, Pertahankan (STOP) merupakan strategi untuk menghentikan penularan HIV-AIDS yang selaras dengan upaya pencegahan dan pengendalian HIV-AIDS yang bertujuan untuk mewujudkan target Three Zero pada 2030.

Suluh berkaitan dengan pengetahuan dan cara pandang tentang penyakit HIV dan bagaimana cara penularan HIV, Temukan berkaitan dengan 90% ODHA mengetahui status HIV, Obati yang berarti 90% ODHA yang status HIV positif harus mendapat pengobatan ARV, sementara Pertahankan adalah 90% ODHA ON ART mendapatkan akses test VL (6,12 dan tiap 12 bulan).

Duta Pencegahan HIV-AIDS Neng Resti menjelaskan efektifitas dari strategi STOP untuk menghentikan penularan HIV-AIDS, menurutnya dengan adanya strategi STOP ini bisa mempermudah penanganan dan membantu mereka yang terkena HIV-AIDS.

“strategi ini sangat penting, karena kalau tidak ada STOP ini akan semakin banyak orang mengidap penyakit HIV-AIDS karena mereka tidak tahu bahwa dirinya sedang ada di fase tersebut.” ujarnya.

Sementara Irna Yani Sugandi memaparkan mitos-mitos mengenai HIV-AIDS yang beredar di masyarakat, menurutnya penularan HIV-AIDS terjadi tidak semudah apa yang banyak orang persepsikan.

“ada mitos-mitos diluar sana katanya kalau berdekatan dengan orang yang positif HIV atau pengangan tangan bisa tertular padahal itu tidak menularkan, kita harus menghilangkan stigma itu.” terangnya.

Di akhir sesi talkshow Neng Resti dan Irna Yani Sugandi juga memberikan semangat dan motivasi kepada para pengidap HIV-AIDS untuk tetap semangat dan tidak lupa untuk mengkonsumsi obat yang sudah dianjurkan oleh dokter dengan selalu menerapkan pola hidup sehat.

Editor : D1 aJA

Leave A Response »