PROGRAM KITA BISA VOL. 1 “”Apa itu HIV/AIDS?”

elmitra 95 FM April 24, 2021 0
PROGRAM KITA BISA VOL. 1 “”Apa itu HIV/AIDS?”

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) melalui Duta Pencegahan HIV/AIDS Kabupaten Sukabumi (DPHA) melakukan talkshow Program Kita Bisa “Bicara Santai HIV/AIDS di Radio Elmitra 95 FM, dengan pembahasan tema di Vol. 1 “HIV/AIDS itu apa sih” dengan narasumber oleh Duta Pencegahan HIV/AIDS periode 2021-2022 Alisa Suryadi dan Ariyanto, Sabtu (24/4/2021)

DPHA berdiri sejak tahun 2017 dan berawal dengan bergabung dengan mojang jajaka Kabupaten Sukabumi dan di tahun 2020 DPHA berdiri sendiri dengan Kegiatan yang rutin dilaksanakan yaitu sosialisasi terkait HIV AIDS kepada masyarakat.

Ariyanto mengatakan HIV kepanjangan dari Human Immunodeficiency  Virus yaitu virus yang menyerang sel darah putih sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh sedangkan AIDS kepanjangan dari acquired immune deficiency  syndrome yaitu gejala akhir atau kumpulan gejala akhir dari HIV dan dapat disimpulkan HIV sebagai virus sedangkan AIDS gejala akhir atau penyakitnya.

Ariyanto pun menambahkan bahwa terdapat banyak paradigma dari masyarakat bahwa HIV menular melalui bersentuhan tetapi HIV hanya menyerang kekebalan tubuh dan banyak kegiatan sosial yang tidak menularkanHIV seperti berjabat tangan, pemakaian kamar mandi secara bersamaan, dan berciuman.

Sementara Alisa Suryadi menegaskan bahwa stigma dan diskriminasi salah satu faktor yang menghambat pencegahan HIV/AIDS, maka dengan adanya DPHA untuk mengedukasi masyarakat mengenai HIV/AIDS dengan sosialisasi kepada masyarakat dan kegiatan sosial yang berhubungan langsung dengan ADHA atau ODHA.

Alisa mengingatkan kepada masyarakat agar menjauhi penyakitnya dan merangkul penderitanya dan berharap tidak ada lagi stigma dan diskriminasi dari masyarakat terhadap ADHA dan ODHA.

“harapannya kedepan tidak ada stigma dan diskriminasi dari masyarakat terhadap ADHA dan ODHA lainnya karena itu menjadi penghambat pengendalian kita terhadap HIV AIDS sendiri karena ini bukan penyakit yang main-main ini benar penyakit yang serius belum  ada obatnya bahkan Indonesia saja menjadi negara ketiga terbanyak HIV AIDS di asia pasifik dan bahayanya HIV itu gejalanya tidak timbul,” tuturnya

Diakhir Talkshow Alisa menyampaikan DPHA akan mengadakan kegiatan sosial yang secara langsung melibatkan ADHA di bulan Mei yang dilaksanakan diPendopo Kabupaten Sukabumi dan untuk informasi mengenai HIV AIDS serta kegiatan DPHA dapat dikunjungi Instagram DPHA di @dpha.sukabumi.

Leave A Response »