Program JKN-KIS Sarat Makna Kebaikan Untuk Sesama

elmitra 95 FM September 11, 2019 0
Program JKN-KIS Sarat Makna Kebaikan Untuk Sesama

Sukabumi,Jamkesnews ; Menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bagi Mirnawati (24) adalah suatu kewajiban, itu kesan pertama yang dipahaminya saat terdaftar sebagai pekerja di perusahaan sebelumnya dia bekerja. Sekarang saat Mirna, biasa ia dipanggil, beralih menjadi peserta Bukan Penerima Upah (PBPU), lebih banyak makna yang Mirna rasakan.

Mirna berbagi pendapatnya lebih lanjut tentang program JKN-KIS kepada tim Jamkesnews. Bagi Mirna sekarang JKN-KIS adalah berkah, tidak hanya baginya pribadi dan keluarga, juga seluruh masyarakat. Karena dengan adanya program ini mendorong masyarakat untuk lebih memahami makna dari gotong royong untuk kebaikan.

“Alhamdulillah saya diberikan kesehatan dan kesempatan untuk berbagi kepada peserta JKN-KIS lainnya yang membutuhkan melalui premi yang saya bayarkan” ujar Mirna.

Dari sekian banyak peserta JKN-KIS yang telah terdaftar Mirna bersyukur dapat menjadi bagian dari kebaikan bagi sesama yang merupakan tujuan mulia dari program ini.

Mengenai pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS Mirna berkenan berbagi cerita saat orangtuanya harus menjalani rawat inap. Secara keseluruhan pelayanan yang didapatkan semua baik, petugas yang menangani baik itu administrasi ataupun medis, melayani dengan baik dan ramah.

“Kabar – kabar tidak enak yang kami dengar tentang pelayanan JKN-KIS itu tidak benar, yang saya jalani saat orangtua sakit semuanya lancar dan memuaskan” ungkap Mirna.

Menempuh alur pelayanan sesuai ketentuan tidak menjadi beban bagi Mirna. Saat mendampingi orangtuanya berobat mulai dari fasilitas kesehatantingkat pertama (FKTP)hingga di rujuk ke rumah sakit dijalani sebagai komitmen untuk menjadi peserta yang selalu peduli peraturan yang berlaku.

Sama halnya saat Mirna bertandang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi untuk memperoleh informasi lebih jelas mengenai penggantian FKTP, dan kembali Mirna mendapatkan pelayanan yang melebihi perkiraan dan harapan ia sebelumnya.

“Awalnya saya siap dan maklum kalau harus antri, namanya juga pelayanan kepada masyarakat banyak. Di luar dugaan ternyata untuk pindah FKTP cukup online melalui aplikasi Mobile JKN, praktis dan mudah”tutur Mirna.

Dengan banyaknya hal positif yang Mirna rasakan ini menambah apresiasinya akan JKN-KIS. “Program yang sarat makna kebaikan untuk sesama”ungkap Mirna. (KW/ne)

Leave A Response »