PRESENTASIKAN PERSIAPAN VERIFIKASI KKS, KABUPATEN SUKABUMI DAPAT RESPON POSITIF

elmitra 95 FM Mei 25, 2021 0
PRESENTASIKAN PERSIAPAN VERIFIKASI KKS, KABUPATEN SUKABUMI DAPAT RESPON POSITIF

Radio Elmitra News – Kabupaten Sukabumi mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Tim Pembina KKS Provinsi Jawa Barat bertempat di Hotel Aston Pasteur Bandung, Senin (24/05/2021)

Kegiatan Rakor dibuka oleh Kabiro Kesra Pemda Jabar yang juga sebagai Pj Sekda Kabupaten Sukabumi Barnas Adjidin dan Kabupaten Sukabumi yang hadir diwakili oleh Ketua Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat (FSKSS), Perwakilan Tim Pembina KSS/Dinkes, Sekretaris FSKSS, Ketua Satgas ODF, Satgas covid-19 (perwakilan setiap daerah 5 orang), mendapatkan penghormatan menyampaikan materi presentasi persiapan KKS di Kabupaten Sukabumi pada sesi pertama.

Presentasi dari Kab. Sukabumi yang dipaparkan langsung oleh Ketua FSKSS Hj. Yani Jatnika Marwan mendapat respon dan tanggapan yang positif dan motivasi yang luar biasa dari para penanggap dari perwakilan Kemenkes, dan Tim Pembina KKS Jabar.

Sementara Sekretaris TP KKS Prov. Jawa Barat, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Barnas Adjidin mengatakan program KKS bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya.

“Sampai batas akhir waktu penginputan melalui aplikasi, Prov. Jawa Barat dinyatakan 17 kab/kota lolos syarat utama dan layak melenggang untuk menyiapkan tatanan-tatanan sebagai tahap selanjutnya untuk mengikuti penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2021” ungkapnya.

Ke-17 Kabupaten/Kota tersebut, kata Barnas, tiga di antaranya masuk kategori Wistara atau 100 persen ODF yaitu Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Subang dan Kabupaten Bandung Barat. Kemudian, enam di antaranya masuk kategori Wiwerda atau 80 persen lebih ODF yaitu Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur, Kota Cirebon, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang, dan Kota Banjar.

Sisanya, delapan Kabupaten/Kota termasuk pada kategori Padapa atau cakupan ODF-nya mencapai 60 persen lebih yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Ciamis, Kota Sukabumi, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Purwakarta, Kota Bandung, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Indramayu.

Penyelenggaraan Program KKS melibatkan banyak lintas sektor dan lintas program melalui Tatanan dalam KKS. Terdapat tujuh tatanan KKS, yaitu Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum; Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi; Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat; Kawasan Pariwisata Sehat; Kawasan Pangan dan Gizi; Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri; serta Kehidupan Sosial yang Sehat.

“Saya berharap proses verifikasi dokumen dan persiapan tatanan ini berjalan dengan lancar. Untuk itu, diperlukan kolaborasi dan inovasi sejatinya melalui anugerah Swasti Saba, Komitmen mewujudkan Kab/Kota Sehat adalah bagian dari semangat mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin dan mewujudkan Indonesia Sehat,” pungkasnya. .

Leave A Response »