POS RINDU ASI, LINDUNGI PEREMPUAN & ANAK SECARA CEPAT, TEPAT, DAN TERPADU

elmitra 95 FM October 25, 2018 0
POS RINDU ASI, LINDUNGI PEREMPUAN & ANAK SECARA CEPAT, TEPAT, DAN TERPADU

Dalam rangka mensosialisasikan Perbup nomor 68 Tahun 2018 tentang Pos Ramah Perlindungan Anak Siaga, DP3A Kabupaten Sukabumi menggelar talkshow interaktif di Radio Elmitra 95 Fm Sukabumi pada Kamis 25 Oktober 2018, dengan tema pembahasan “Pengembangan Pencegahaan Kekerasaan Terhadap Anak Melalui Pos Ramah Pelindungan Anak Siaga”, Hadir sebagai narasumber Kepala Bidang Perlindungan Dan Tumbuh Kembang Anak DP3A Kabupaten Sukabumi Hj. Iva Rufaidah.

2

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Iva Rufaidah menyampaikan “maksud dibentuknya Pos Ramah Pelindungan Anak Siaga (Pos Rindu Asi) sebagai bentuk dalam memberikan pelayanan secara cepat, tepat dan terpadu dalam upaya penanganan terhadap anak korban kekerasan, dengan tujuan memberikan pelayanan kepada anak korban kekerasan tanpa diskriminasi, memberikan pelayanan secara cepat tepat dan terpadu kepada anak korban kekerasan dalam upaya pemenuhan kebutuhan dibidang kesehatan, dan perlindungan hukum”.

Selain itu, Hj. Iva Rufaidah menyampaikan “adapun sasaran Pos Ramah Perlindungan anak siaga yaitu anak korban kekerasan disetiap kecamatan dalam wilayah pemerintah kabupaten sukabumi. Dalam pos rindu asi ada dua bentuk pelayanan yang diberikan, yang pertama adalah pelayanan satu atap (one stop service) yaitu suatu kondisi dimana pos rindu asi bertanggung jawab melaksanakan keseluruhan proses dalam satu kesatuan unit kerja untuk memberikan layanan yang diperlukan korban. ke dua yaitu pelayanan berjejaring adalah pelayanan yang dilakukan secara integrasi dari berbagai pemberi layanan dan apabila membutuhkan pelayanan lainnya  yang tidak tersedia maka dilakukan rujukan kelembaga pelayanan sebagai mana mestinya”.

Lebih lanjut Hj. Iva Rufaidah mengatakan “Kegiatan Pos Rindu Asi ini telah di sosialisasikan pada 24 Oktober 2018 di aula kecamatan Palabuhanratu yang dihadiri oleh Camat Palabuhanratu, Camat warungkiara, Camat Bantargadung, Camat Simpenan, Camat Cisolok dan Camat Cikakak”.

Hj. Iva Rufaidah Menghimbau “kepada seluruh camat di 47 kecamatan Kabupaten Sukabumi untuk mendukung dan mendirikan Pos Rindu Asi, karena pendirian Pos Rindu Asi ini bersifat penting merujuk pada perbup nomor 68 tahun 2018 sebagai layanan perlindungan kepada anak dan perempuan anak secara cepat, tepat dan terpadu. Dan bagi masyarakat yang mempunyai permasalahan khususnya kekerasan agar tidak ragu untuk mengadukan ke Pos Rindu Asi karena Pos Rindu asi ini merupakan kepanjangan tangan dari DP3A dan dinas intansi terkait”.

Leave A Response »