UTD PMI Kabupaten Sukabumi Gelar Talkshow Kebutuhan Darah Aman

elmitra 95 FM January 24, 2017 0
UTD PMI Kabupaten Sukabumi Gelar Talkshow Kebutuhan Darah Aman

Selasa 17 Januari 2017, Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia ( PMI) Kabupaten Sukabumi Melakukan Sosialisasi, mengenai Surat Edaran Bupati sukabumi No 468 Tahun 2016. Tentang Kebutuhan Darah Aman di Kabupaten Sukabumi dan Manfaat donor darah, melalui Talkshow di Radio elmitra. Dengan Narasumber, Kepala UTD Kab. Sukabumi Dr. Titin, Dokter Harian Dr. Sinta, Wakil Kepala Markas PMI Kab. Sukabumi Bpk. Fiat, dan Humas UDD Bpk. Agus Sutisna.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat, khusunya di kabupaten sukabumi. Para Narasumber menjelaskan, darah merupakan salah satu komponen paling penting yang ada dalam tubuh. Mengingat fungsinya sebagai alat transportasi, kekurangan darah di dalam tubuh dapat memacu sejumlah penyakit dimulai dari anemia, hipotensi, serangan jantung, dan beberapa penyakit lainnya.

Beberapa kasus lain seperti kecelakaan  dan proses melahirkan juga merupakan penyebab seseorang mengalami kekurangan darah, akibat pendarahan hebat. Kondisi ini tentu menuntut instansi yang terkait seperti UTD PMI dan Rumah Sakit untuk selalu memiliki persediaan darah yang mencukupi.

Namun ironisnya tak jarang kita temukan kasus kurangnya kantong darah di rumah sakit, sementara kebutuhan akan darah terus meningkat. Untuk mencukupi permintaan darah yang terus meningkat biasanya dianjurkan kepada masyarakat untuk melakukan donor ke bank darah, atau instansi terkait setiap 3 bulan sekali. Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah,  untuk kemudian digunakan pada transfusi darah.

Standar kebutuhan darah aman menurut Lembaga Kesehatan Internasional (WHO) yaitu 2% dari jumlah penduduk, sebagai bahan evaluasi pemenuhan darah di Kabupaten Sukabumi. Pada tahun 2015 adalah ±0,3% dari penduduk Kabupaten Sukabumi.

IMG-20170117-WA0010

Kepala UTD Kab. Sukabumi Dr. Titin menghimbau “ kepada masyarakat sukabumi agar sadar menolong sesama dengan cara ber Donor Darah, dan mengajak berdonor darah lah “sehatkan badanmu selamatkan saudaramu”.

Leave A Response »