PLN Sosialisasikan Keselamatan Ketenagalistrikan dan Tertib BayarListrik

elmitra 95 FM Juli 15, 2022 0
PLN Sosialisasikan Keselamatan Ketenagalistrikan dan Tertib BayarListrik

Radio Elmitra Talkshow  – PLN ULP Cikembar Sukabumi melakukan talkshow di Radio Elmitra 95 FM membahas tentang “Keselamatan Ketenagalistrikan ”, Kamis (14 Juli 2022).

Petugas Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) PLN ULP Cikembar Fiqih mengatakan Keselamatan Ketenagalistrikan ada 4 pilar yang harus diketahui oleh masyarakat yaitu terkait keselamatan kerja itu sendiri, keselamatan masyarakat umum, keselamatan lingkungan dan keselamatan instalasi.

“Terkait untuk keselamatan kerja ada 2 ruang lingkup, yaitu pegawai dan mitra kerja,” ucapnya.

Adapun Keselamatan masyarakat mencakup sekitar instalasi, tamu dan pelanggan yg datang ke kantor. Keselamatan instalasi ruang lingkupnya instalasi dan aset pln serta keselamatan lingkungan yaitu sesuatu barang atau benda yang ada potensi terhadap instalasi kelistrikan.

“Contoh objek pada keselamatan masyarakat yang sering dijalankan adalah mengedukasi terkait pembangunan gedung atau bangunan yang dekat dengan kabel listrik” Ujar Fiqih.

Sementara Arda Sanjaya yang juga merupakan Petugas K3L menjelaskan PT PLN ULTG Sukabumi merupakan unit layanan transmisi dan gardu induk, dimana melakukan pemeliharaan dan pengawasan sistem transmisi 150kV dan 70kV .

“Transmisi adalah salah satu bagian dari proses penyaluran energi listrik dari  pembangkit sampai ke pelanggan,” ungkapnya.

” Penyebab gangguan di transmisi, karena transmisi tidak memiliki isolasi pada kabel, yang bisa disebabkan juga oleh benda asing yang dapat terkena kabel transmisi contohnya seperti layang-layang” tandasnya.

Sedangkan Supervisor Transaksi Energi Jony Akbar Nugroho menyampaikan PLN juga memiliki aplikasi PLN Mobile yang memudahkan masyarakat dalam bertransaksi dan mengetahui informasi kelistrikan, salah satu fitur yang memudahkan masyarakat adalah Swacam (Baca Meter Sendiri).

“Dengan menggunakan fitur ini, masyarakat bisa mengetahui perkiraan tagihan di bulan depan” pungkasnya.

Diakhir talkshow para narasumber juga menghimbau dan mengajak kepada masyarakat untuk mengunduh aplikasi PLN Mobile dan tertib membayar listrik sebelum tanggal 20 setiap bulannya.

Rep/Editor : Imelda/D1aJA

Leave A Response »