PERDA NO 1 TAHUN 2018, LINDUNGI ANAK DI KABUPATEN SUKABUMI

elmitra 95 FM April 27, 2018 0
PERDA NO 1 TAHUN 2018, LINDUNGI ANAK DI KABUPATEN SUKABUMI

Dalam rangka sosialisasi Perda Perlindungan anak yang baru saja di sah kan oleh Pemerintah Daerah Sukabumi, PKBI Sukabumi sebagai lembaga yang bergerak dalam hal tersebut ikut mensuport dalam menjalankan dan mensosialisasikan kepda masyarakat salah satunya dengan menggelar Talkshow di Radio Elmitra 95 Fm, pada hari Kamis 26 April 2018 dengan tema “Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi No 1 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, Sebagai Upaya Menuju Kabupaten Layak Anak Bebas Perkawinan Anak”. dengan narasumber Deri Irawan (Program Manager Yes I Do Sukabumi), Anggota PKBI Sukabumi Sari serta Anggota Aliansi Remaja Independent (ARI) Sukabumi Mia dan Solehudin, talkshow tersebut dikawal langsung oleh Imes Raos Pradifta.

3

Program Manager Yes I Do Sukabumi, Deri Irawan mengatakan “sangat bersyukur atas di sah kannya Perda No 1 Tahun 2018 tentang perlindungan anak pada 02 Mei 2018 di Kabupaten Sukabumi, yang mana dapat memperkuat kinerja PKBI Sukabumi di lapangann khusunya di wilayah kerja PKBI di 2 Kecamatan Cisolok dan Sukaraja, Hal tersebut akan semakin memperkuat upaya perlindungan anak di Sukabumi untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak”.

Selain itu, Deri Irawan mengatakan “dengan perda tersebut anak-anak dapat terhindar dan terbebas dari tindakan kekerasan, eksploitasi, penelantaran dan perlakuan salah lainnya di lingkungan rumah tangga, pendidikan dan masyarakat. Sehingga, anak-anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia dan menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan memajukan bangsa dan Negara”.

2

Sementara itu, Anggota ARI Sukabumi Mia dan Solehudin secara bergantian mengungkapkan “anak memiliki 31 hak, diantaranya Hak bermain, Berkreasi, Berpartisipasi, Berhubungan dengan orang tua bila terpisahkan, Bebas beragama, Bebas berkumpul, Bebas berserikat, Hidup dengan orang tua,  Kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang”.

Sari menambahkan “anak berhak mendapatkan Nama, Identitas, Kewarganegaraan, Pendidikan, Informasi, Standar kesehatan paling tinggi, Standar kehidupan yang layak, mendapatkan perlindungan pribadi dari tindakan/penangkapan sewenang-wenang,  perlakuan kejam, hukuman, perlakuan tidak manusiawi, dll”.

Deri Irawan Berharap “perda ini bisa berjalan lancar dan pemerintah benar – benar melaksankannya dengan baik dari tingkat pemerintah daerah sampai Desa yang ada di sukabumi, sehingga kabupaten Sukabumi Layak anak benar-benar terwujud”.

Leave A Response »