PERAN HAKLI DALAM PERCEPATAN ODF DI KABUPATEN SUKABUMI

elmitra 95 FM Februari 25, 2021 0
PERAN HAKLI DALAM PERCEPATAN ODF DI KABUPATEN SUKABUMI

Radio Elmitra Talkshow – Radio Elmitra 95 FM kembali menggelar talkshow bersama organisasi profesi di bidang kesehatan, kali ini menghadirkan Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Kabupaten Sukabumi Ujang Soleh Suryaman SKM, MKM., dan Seksi Advokasi Yuni Sri Heryanti, SKM, MH.Kes., dengan membahas tema Peran Hakli dalam Percepatan ODF di Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/02/2021).

Ketua HAKLI Kabupaten Sukabumi Ujang Soleh Suryaman menerangkan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) adalah Organisasi yang menghimpun para ahli kesehatan lingkungan, yang berorientasi pada kesehatan masyarakat serta juga pada berbagai konsep diluar kesehatan masyarakat seperti pelestarian alam dan sistem lingkungan dalam kesatuan pendekatan multidisipliner dan hal-hal lain tentang kesehatan lingkungan.

“Hakli berperan di upaya promotif dan preventif, faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap  derajat kesehatan masyarakat adalah lingkungan dan perilaku. Hakli hadir untuk bagaimana merubah lingkungan menjadi lingkungan yang mendukung untuk hidup sehat dan juga mendorong masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat sehingga derajat kesehatan masyarakat bisa tercapai” ungkapnya.  

Terkait tema talkshow, Ujang Soleh Suryaman menjelaskan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sukabumi Sehat dan sebagai upaya untuk mendorong percepatan pencapaian Kabupaten Sukabumi menjadi Kabupaten yang Open Defecation Free (ODF) yaitu suatu kondisi dimana masyarakat di Kabupaten Sukabumi tidak ada lagi yang buang air besar disembarang tempat tetapi harus dijamban yang sehat

“ini menjadi tantangan bagi Hakli terkait dengan ODF, melalui Forum SIlaturahmi Kabupaten Sukabumi (FSKSS) yang diketuai oleh Ibu Hj. Yani Jatnika, Hakli dipercaya menjadi bagian dari organisasi profesi untuk mewujudkan kabupaten sukabumi sehat yang bebas masyarakatnya dari buang air besar sembarangan ” ujarnya.

“program kabupaten sukabumi sehat ini salah syarat utama adalah bagaimana masyarakatnya  harus bisa mengakses 100% sarana sanitasi dasar, jadi tidak ada lagi orang/keluarga yang masih membuang air besar sembarang” tandasnya.

Seksi Advokasi Yuni Sri Heryanti menambahkan dalam mewujudkan kabupaten yang masyarakatnya tidak ada lagi yang buang air besar sembarangan itu harus seluruh lapisan masyarakat ikut bertanggungjawab didalamnya.

“jadi artinya kita insan kesehatan tidak bisa bekerja sendiri untuk menuntaskan itu, di tingkat kecamatan tentu berkolaboarasi dengan camat, lintas sektor terkait  juga dengan para alim ulama, tokoh pemuda dan juga yang lebih penting itu masyarakatnya yang harus terlibat langsung” jelasnya,

“bahwa buang air besar sembarangan yang tidak sehat itu perilaku buruk yang menyebabkan penyakit-penyakit yang berbasis lingkungan/penyakit menular sulit untuk dikendalikan” terangnya

Lebih lanjut Yuni Sri Heryanti menyebutkan FSKSS sudah menjalankan program yang dinamakan lelang kebaikan. Lelang Kebaikan itu mengajak semua perangkat daerah kemudian juga csr dan juga masyarakat yang mampu untuk gotong royong membantu masyarakat yang sudah sadar tapi belum mampu untuk membangun sarana sanitasi dasar dengan pola pemberdayaan.

“nanti masyarakat bergotong royong dibantu oleh wusan (wirausaha sanitasi) binaan hakli. Hakli membina masyarakat, bagaimana membuat jamban yang sehat tetapi tidak mahal dengan pola pemberdayaan” pungkasnya

Dipenghujung Talkshow, Ketua HAKLI Kabupaten Sukabumi Ujang Soleh Suryaman menyampaikan sesuai Instruksi Bupati Sukabumi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan/Open Defecation Free, dirinya mengajak kepada pihak-pihak terkait untuk bersama-sama mewujudkan ODF 100% Pada Pelaksanaan Kabupaten Sukabumi Sehat menuju Swasti Saba Wistara Ke-2.

Skrip Wiriter : Syahrul

Leave A Response »