Pentingnya Peran PPA, Antisipasi Penyebaran HIV – AIDS di Kabupaten Sukabumi

elmitra 95 FM Juli 8, 2022 0
Pentingnya Peran PPA, Antisipasi Penyebaran HIV – AIDS di Kabupaten Sukabumi

Radio Elmitra Talkshow – PPA ( Pelajar Peduli Aids) Kabupaten Sukabumi melaksanakan Program Talkshow membahas tentang Pentingnya menekan penyebaran HIV AIDS di Kabupaten Sukabumi dengan narasumber M. Furqon Albarkah (Winner Duta PPA Kab. Sukabumi 2022 Putra) dan Harindi Hasnawa  (Winner Duta PPA Kab. Sukabumi 2022 Putri), Kamis (07 Juli 2022).

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

Sedangkan AIDS adalah kependekan dari ‘Acquired Immune Deficiency Syndrome’. Acquired berarti didapat, bukan keturunan. Immune terkait dengan sistem kekebalan tubuh kita. Deficiency berarti kekurangan. Syndrome atau sindrom berarti penyakit dengan kumpulan gejala, bukan gejala tertentu. Jadi AIDS berarti kumpulan gejala akibat kekurangan atau kelemahan sistem kekebalan tubuh yang dibentuk setelah kita lahir.

Furqon juga menjelaskan penularan HIV dapat terjadi melalui hubungan seks vagina atau anal, penggunaan jarum suntik dan transfusi darah. Meskipun jarang, HIV juga dapat menular dari ibu ke anak selama masa kehamilan, melahirkan dan menyusui.

“Stop stigma Negatif terhadap ODHA Jangan langsung menjudge bahwa ODHA adalah orang yang buruk Karena tidak semua orang yang terkena HIV itu diakibatkan oleh perilaku yang menyimpang,” ucapnya.

Sementara Harindi menambahkan, penderita yang telah terdiagnosis HIV harus segera mendapatkan pengobatan berupa terapi antiretroviral (ARV). ARV bekerja mencegah virus HIV bertambah banyak sehingga tidak menyerang sistem kekebalan tubuh.

“Jauhi penyebabnya bukan orangnya.” ujarnya.

Disinggung ketertarikan untuk terlibat dalam PPA atau Pelajar Peduli AIDS yang merupakan organisasi pelajar yang membantu untuk menekan habis angka penyebaran HIV AIDS di Kabupaten Sukabumi, Furqon dan Harindi angkat suara.

“ alasan dirinya mengikuti PPA adalah untuk menyalurkan kasih sayang ke arah yang positif Karena banyak ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) yang berputus asa ketika terkena peyakit HIV/AIDS dan mereka merasa sudah tidak layak hidup lagi,” ungkap Furqon.

 “alasan mengikuti PPA yakni untuk meminimalisir stigma orang yang masih memandang buruk terhadap ODHA  (Orang Dengan HIV/AIDS),” jelas Harindi.

Di akhir Talkshow para narasumber juga menghimbau dan mengajak kepada masyarakat agar masyarakat tidak menjauhi atau mengucilkan para pengidap HIV/AIDS dan berharap masyarakat mengetahui dahulu kebenaran dan juga bisa memotivasi mereka untuk tetap bisa berkarya.

Editor : D1aJA

Leave A Response »