PEMBINAAN KKS TINGKAT JABAR, SUKABUMI OPTIMIS CAPAIAN ODF 100%

elmitra 95 FM April 1, 2021 0
PEMBINAAN KKS TINGKAT JABAR, SUKABUMI OPTIMIS CAPAIAN ODF 100%

Dalam Rangka Persiapan Verifikasi Kab/Kota Sehat (Capaian ODF) di Kabupaten Sukabumi, Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provins Jawa Barat melaksanakan Pembinaan Kab/Kota Sehat Tk. Provinsi Jabar di Pendopo Sukabumi, Rabu (31/03/21).

Pada kesempatan tersebut Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat (FSKSS) menyampaikan paparan terkait upaya Percepatan Penanganan dan ODF di Kabupaten Sukabumi dan Verifikasi Penghargaan KKS Tahun 2021 pada Kategori Swasti Saba Wistara dengan memenuhi prasyarat 100% Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free).

Pj. Sekda Kabupaten Sukabumi H. Barnas Adjidin mengatakan Tim Kabupaten/Kota Sehat di Kabupaten Sukabumi sudah dibentuk dan bergerak secara progres, hal ini membuat dirinya optimis bahwa Kabupaten Sukabumi Siap dan yakin berhasil.

“saya tekankan kepada seluruh perangkat daerah mulai kepala dinas/badan, camat, kepala desa beserta seluruh perangkatnya untuk tetap bersinergi dengan seluruh unsur yang terlibat di dalamnya untuk mematangkan persiapan verifikasi kab/kota sehat (capaian odf)” ungkapnya

Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Jawa Barat yang diwakili Kabag Pelayanan Kesos Provinsi Jawa Barat, Jatti Indriati menilai Tim Kabupaten Sukabumi Sehat sudah melaksanakan tugasnya dan mengapresiasi komitmen Tim KSS yang memiliki regulasi serta didukung oleh perencanaan yang baik dan terarah.

“bukti dan data yang disampaikan oleh tim kks sudah sangat terlihat hanya tinggal legalisasinya aja” imbuhnya.

Sementara Ketua Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat (FSKSS) Hj. Yani Jatnika Marwan menjelaskan kunjungan dari Tim Pembina KKS untuk melakukan pembinaan dan setelah presentasi yang disajikan hasil sangat diterima dengan kegiatan yang sudah dilakukan di Kabupaten Sukabumi.

“mudah-mudahan odf bisa 100% dan kabupaten sukabumi berhak untuk maju di swasti saba wistara ke-2, kita harus gencar updating data harus segera dan deklarasi juga harus segera dilakukan sehingga tanggal 5 april sudah selesai semuanya” harapnya.

Sedangkan Ketua Satgas Percepatan ODF Prasetyo mengungkapkan kabupaten Sukabumi mendapatkan  apresiasi yang cukup bagus dengan keberadaan Satgas Percepatan ODF, pihaknya menjadi penggerak bagi seluruh komponen masyarakat dan lembaga dan juga perangkat daerah.

“berkat kerjasama semua pihak, terimakasih kepada semua camat, kepala desa/lurah, tokoh masyarakat dan tokoh ulama dalam rangka percepatan ODF ini” tambahnya

Ditempat yang sama Seksi Advokasi Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Yuni Sri Heryanti menambahkan dengan GESIT SABUMI (Gerakan Sanitasi Total Sa Sukabumi), HAKLI menerapkan strategi pembinaan kader-kader kesling yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“perlu yang diingat odf itu tidak hanya dalam bentuk deklarasi ceremonial tetapi harus ada persyaratan yang dipenuhi. Saat ini teman-teman HAKLI yang notabene adalah petugas sanitasi/sanitarian sedang melakukan pendataan dengan berbasis NIK dari seluruh KK yang ada di kabupaten Sukabumi untuk dapat dimasukan kedalam web STBM” tandasnya.

Reporter : Nandre

Leave A Response »