Pelayanan Bagi Peserta JKN-KIS Tidak Mengenal Diskriminasi

elmitra 95 FM September 11, 2019 0
Pelayanan Bagi Peserta JKN-KIS  Tidak Mengenal Diskriminasi

Sukabumi,Jamkesnews ; Enung Witarsah (45) warga DesaCimahi Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi adalah satu dari sekian banyak peserta yang telah merasakan manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Tim Jamkesnews menemuinya saat kegiatan hospital visit di Rumah Sakit Betha Medika Sukabumi. Enung tengah menemani anak keduanya Anggi (17) yang sedang dirawat karena sakit typhoid.

“Sebagai pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) saya dan keluarga sudah lama menjadi peserta JKN-KIS, mulai dari dulu Askes sampai sekarang berubah menjadi JKN-KIS” cerita Enung mengawali perbincangan

Enung menuturkan keluarganya kerap menggunakan JKN-KIS untuk berobat, terutama Anggi yang sempat beberapa kali di rawat karena kondisi kesehatannya. Saat berobat ke fasilitas kesehatan tingkat pertama dan akhirnya harus rawat inap di rumah sakit dijalani sesuai dengan ketentuan alur pelayanan yang harus ditempuh.

“Kami memanfaatkan JKN-KIS dengan mengikuti ketentuan yang berlaku, Alhamdulilah tidak ada kendala, pelayanan kami dapatkan semuanya bagus, petugas administrasi dan medisnya cepat dan tanggap melayani” ungkapEnung.

Enung selanjutnya bercerita bahawa sebelum Anggi tersebut di rawat saat ini, di tahun 2018 Angga anak pertamanya pernah mendapatkan tindakan operasi Appendectomy. Jika mengingat hal tersebut Enung sambil menghela nafas lega menyampaikan bahwa kekhawatiran mengenai biaya tidak menjadi beban Enung dan keluarga, karena dengan JKN-KIS tidak ada biaya di keluarkan oleh Keluarga Enung.

“Syukur Alhamdulilah menggunakan JKN-KIS tidak mengeluarkan biaya sepeser pun” ujar Enung

Enung yang semasa aktif sebagai PNS bertugas sebagai guru di salah satu sekolah dasar di wilayah Kabupaten Sukabumi tersebut berharap pelaksanaan program JKN-KIS ini akan selalu bertambah baik dan lebih banyak masyarakat yang terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Khususmengenai pelayanan bagi pesertanya Enung mengapresiasi bahwa keragaman jenis kepesertaan Program JKN-KIS ini bukanlah menjadi pembeda dalam mendapatkan pelayanan yang terbaik.

“Justru dengan adanya JKN-KIS masyarakat tidak mampu sangat terbantu dan membuka kesempatan untuk memperoleh akses pelayanan kesehatan yang mereka butuhkan. Hak peserta semuanya sama, tidak ada perbedaan” kata Enung. (kw/ne)

Leave A Response »