PELANTIKAN PENGURUS FKUB, TINGKATKAN SINERGITAS UNTUK WUJUDKAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI KABUPATEN SUKABUMI

elmitra 95 FM September 15, 2021 0
PELANTIKAN PENGURUS FKUB, TINGKATKAN SINERGITAS UNTUK WUJUDKAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI KABUPATEN SUKABUMI

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Pelantilkan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Rapat Kerja dan Dialog Tokoh Agama, dengan tema “Penguatan Moderasi Beragama Demi Terwujudnya Kabupaten Sukabumi Religius. Maju dan Inovatif Menuju Masyarakat Sejahtera Lahir Bathin.

Mewakili Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri melantik Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten  Sukabumi masa bhakti 2020 – 2025 di Pendopo, Rabu (15/09/2021).

Wakil Bupati mengatakan sinergitas pengurus FKUB dan Pemkab Sukabumi harus terus terjalin dengan baik demi terwujudnya kerukunan antar umat beragama khususnya di Kabupaten Sukabumi.

“FKUB merupakan salah satu dari 3 organisasi mandatori sebagaimana diamanatkan dalam peraturan Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri nomor 8 dan 9 tahun 2006 tentang pedoman pelaksanaan tugas Kepala daerah/ Wakil Kepala Daerah dalam pemeliharaan kerukunan antar umat beragama” ucapnya.

Pemberdayaan FKUB dan pendirian rumah ibadat, lanjut Wabup, merujuk kepada peraturan bersama tersebut, karena itu pemerintah bersama sama FKUB bersinergi memberi layanan untuk kenyamanan umat beragama di Kab Sukabumi.

“untuk mewujudkan pemeliharaan kerukunan umat beragama di Kabupaten Sukabumi, saya mengajak jajaran pengurus forum yang baru untuk lebih bersinergi dengan berbagai elemen dan stakeholder di Kabupaten Sukabumi” ujarnya.

“selamat atas dilantiknya para pengurus FKUB masa bakti 2020 – 2025 , dan berharap para pengurus yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas dengan baik” harapnya.

Ketua FKUB Kabupaten Sukabumi Deden Suhendar menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sukabumi yang memfasilitasi pelantikan FKUB, menurutnya tanpa political will dari Bupati dan Wakil Bupati tidak mungkin kegiatan ini bisa terwujud dan terlaksana.

“Ini sejarah, sejak tahun 2006, ini baru pertama diadakan pelantikan di Pendopo Sukabumi, oleh sebab itu tentunya ini merupakan kesan tersendiri bagi kami, mudah mudahan FKUB kedepan mampu merawat dan melestarikan kerukunan umat beragama di Kab Sukabumi” jelasnya.

Daden Sukendar menjelaskan kedepan FKUB akan membangun sinergitas dengan berbagai pihak dan mengembangkan network untuk menjalankan amanah yang sudah diberikan kepada FKUB Kabupaten Sukabumi.

“karena kerukunan umat beragama tidak akan bisa terawat dengan baik tanpa adanya sinergitas dengan stakeholder yang ada di kabupaten sukabumi” ungkapnya.

“dalam raker ini juga, kami akan merumuskan skala prioritas program yang tentunya mudah-mudahan bisa menguatkan pembangunan di kabupaten sukabumi agar secara kualitasnya lebih baik” tandasnya.

Ditempat yang sama Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sukabumi H. Hasen berharap program-program FKUB kedepan terutama menyangkut kerukunan umat beragama bisa berjalan dengan baik debagai modal untuk membangun Kabupaten Sukabumi Religius. Maju dan Inovatif menuju Masyarakat Sejahtera Lahir Bathin.

“mudah-mudahan sekarang setelah adanya pelantikan, segera bisa berjalan program-programnya” pungkasnya.

Editor : D1 aJA

Leave A Response »