Pastikan KIS Tepat Sasaran, BPJS Kesehatan Sukabumi Lakukan Spot Check

elmitra 95 FM Januari 4, 2021 0
Pastikan KIS Tepat Sasaran, BPJS Kesehatan Sukabumi Lakukan Spot Check

Radio Elmitra, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi terus memastikan kesesuaian pendistribusikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada peserta segmen Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) benar-benar telah diterima oleh peserta yang bersangkutan. Melalui kegiatan spot check yang dilakukan, kegiatan tersebut juga dimanfaatkan untuk melakukan updating data sesuai dengan data kependudukan.

Spot check dilakukan selain untuk memastikan peserta PBI JK telah menerima KIS, juga untuk melakukan update data yang sesuai dengan dokumen kependudukan,” ujar Pejabat Pengganti Sementara (Pps) Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Karlina kepada tim Jamkesnews, Selasa (29/12).

Selain itu, peserta yang bersangkutan juga dapat memperoleh informasi seputar program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang terkini, meliputi hak dan kewajiban sebagai peserta, prosedur atau alur pelayanan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, serta manfaat dari program bagi masyarakat.

Kunjungan langsung petugas BPJS Kesehatan tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memahami JKN-KIS lebih dalam lagi, ada pula yang menyampaikan kendala saat mereka menggunakan KIS untuk berobat. Semua yang disampaikan masyarakat adalah bentuk feedback langsung untuk penyelenggaran JKN-KIS yang lebih baik lagi.

“Dalam kegiatan spot check ini, kami juga sekaligus memberikan informasi kepada peserta tentang Program JKN-KIS yang terbaru dan juga memfasilitasi mereka apabila ada keluhan yang dirasakan saat mengakses pelayanan kesehtan di lapangan,” tambah Karlina. 

Dalam kesempatan bertemu masyarakat langsung tersebut juga dimanfaatkan untuk mengingatkan kembali berbagai kemudahan yang dapat diperoleh dari pelayanan online BPJS Kesehatan, salah satunya adalah aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan informasi JKN-KIS terbaru juga penyampaian kendala dan feedback pelayanan yang telah didapat.

Selain itu ada pula yang menyampaikan aspirasi dan rasa syukurnya karena dengan adanya Program JKN-KIS dapat berobat tanpa khawatir akan biaya sesuai dengan kondisi kesehatan atau medis yang dibutuhkan.

“Berobat memakai JKN-KIS pelayanan yang didapat sama dengan pasien lain, tidak ada perbedaan, kami dilayani dengan baik,” ungkap Ani Siti Sutinah, salah satu peserta PBI JK di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi. (BS/ne).

Sumber : Jamkesnews

Leave A Response »