PANWASLU KABUPATEN SUKABUMI BENTUK SAKA ADHIYATSA PADA PILGUB 2018

elmitra 95 FM May 17, 2018 0
PANWASLU KABUPATEN SUKABUMI BENTUK SAKA ADHIYATSA PADA PILGUB 2018

Panwaslu Kabupaten Sukabumi menggelar Focus Grup Discussion Pengawasan Partisipatif  Dalam Pembentukan Saka Adhiyatsa Pemilu dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa barat 2018 yang dilaksanakan di Hotel Pangrango Sukabumi. Senin, 14 Mei 2018.

5

Focus Grup Discussion ini berfocus pada diskusi antara Panwaslu Kabupaten Sukabumi dengan Kwarcab Pramuka untuk pembentukan struktur kepengurusan dan menyamakan Visi dan Misi serta pembekalan tentang bagaimana pramuka bisa ikut berpartisipasi dalan pengawasan pemilu. Kegiatan ini diikuti sebanyak kurang lebih 20 Perwakilan Kwarcab di tingkat Kabupaten Sukabumi. Out put yang diharapkan setelah diadakan FGD ini adalah dimana mereka khususnya Pramuka dapat ikut mengawasi dan berpartisipasi dalam tahapan – tahapan pemilu pada pilkada serentak tahun 2018.

Ketua Panwaslu Kabupaten Sukabumi Agung Munajat berharap “Pramuka ini memang dari awal sudah berperan aktif. Dan diharapkan Pengawasan Pemilu ini bukan hanya terfokus pada satuan Pramuka saja, tetapi masyarakat juga bisa ikut berpartisipasi dalam pengawasan pemilu ini”.

4

Komisioner Panwaslu Kabupaten Sukabumi Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Nuryamah mengatakan “Panwaslu memilih Pramuka untuk ikut berpartisipasi masyarakat karena memang pramuka ini bisa membina sampai kesatuan Gudep (Gugus Depan) atau sampai satuan – satuan terbawahnya. Maka dari itu, Panwaslu secara kelembagaan memilih satuan Pramuka untuk menjadi Pengawas Partisipasi Masyarakat”.

Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten Sukabumi Anzar Kusnandar mengatakan “FGD ini focus pada pembentukan struktur dan TUPOKSI (Tugas Pokok dan Fungsi) dari SAKA ADHIYATSA itu sendiri, sehingga setelah dibentuk mereka bisa mengerti tugas – tugas mereka dilapangan. Dan pastinya akan dibekali pemahaman secara periodik tentang pemilu, aturan – aturan yang berlaku dan lain sebagainya.

Leave A Response »