Pandemi Covid-19 Tak Jadi Alasan Kader JKN Optimalkan Program JKN-KIS

elmitra 95 FM Januari 4, 2021 0
Pandemi Covid-19 Tak Jadi Alasan Kader JKN Optimalkan Program JKN-KIS

Radio Elmitra, Jamkesnews – Sebagai langkah untuk memonitoring hasil kinerja yang dilakukan oleh seluruh Kader JKN di wilayah Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi, BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi menggelar kegiatan Pertemuan evaluasi kinerja Kader Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Selasa (29/12).

Kegiatan yang dilakukan dengan mengundang seluruh Kader JKN itu dimanfaatkan untuk berbagai pengetahuan mengenai regulasi serta program terbaru terkait JKN-KIS. Selain itu juga pertemuan ini dijadikan sebagai pemberian apresiasi kepada para Kader JKN karena sampai dengan bulan November 2020 pencapaian untuk penyelesaian tunggakan peserta selalu terjaga baik pelaksanaannya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi Yudhi Wahyu Cahyono menyampaikan bahwa peran para kader yang hadir di tengah masyarakat juga sangat terasa di masa pandemi Corona Virus-19 (Covid-19) saat ini, karena senantiasa berupaya yang terbaik dalam mengunjungi dan mengingatkan peserta untuk membayar iuran.

“Kondisi pandemi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, sebagai peserta JKN-KIS masyarakat juga tergerak untuk rajin membayar iuran, yang masih kesulitan membayar dan ada tunggakan mengikuti program relaksasi iuran, dan prosesnya ada yang melalui bantuan para kader,” ujar Yudhi.

Yudhi mengakui bahwa di tengah masa pandemi Covid-19 ini, memang tidak mudah bagi para kader JKN untuk bertugas mendatangi setipa warga binaannya untuk dapat mengingatkan mereka pentingnya menjaga status keaktifan JKN-KISnya. Dengan selalu menerapkan protokol kesehatan hingga harus menjaga jarak dengan peserta, tak jarang juga para kader JKN mengingatkan warga binaannya hanya dengan melalui pesan singkat.

“Banyak tantangan yang harus dilalui para kader JKN ini di masa pandemi. Bahkan, dengan terus menerapkan physical distancing, pertemuan antara kader JKN dan warga binaannya menjadi terbatas dan tak jarang para kader JKN hanya bisa mengingatkan warga binaannya hanya melalui pesan singkat,” tambah Yudhi.

Di sisi lain, bagi para kader juga berbagi pengalaman selama bertugas dengan menyesuaikan kebiasaan baru dalam mengantisipasi masa pandemi ini.

“Tidak harus langsung bertemu langsung, masyarakat binaan juga dapat berkomunikasi melalui whatsapp misalnya, yang penting tersampaikan dan kami pun dapat membantu mereka seperti biasa, termasuk harus selalu siap menampung keluhan peserta di samping juga menyampaikan informasi terkini tentang JKN-KIS,” ungkap Setiajaya, salah satu kader JKN yang hadir.

Menyongsong tahun 2021, Yudhi berharap para kader JKN akan selalu bertugas dengan giat dan selalu melakukan koordinasi berkelanjutan dengan sesama kader serta petugas terkait di kantor cabang, untuk bersama – sama bahu membahu memberikan pelayanan yang terbaik untuk peserta JKN-KIS dan masyarakat.

“Dengan dukungan dari Pemerintah Pusat dan Daerah serta semua elemen masyarakat yang sangat mendukung program JKN-KIS, semoga program ini selalu hadir untuk kemaslahatan dan pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat,” harap Yudhi. (kw/ne)

Sumber : Jamkesnews.com

Leave A Response »