PAKSI-EKTRASS (Explorer and Tripper Association)

elmitra 95 FM May 29, 2019 0
PAKSI-EKTRASS (Explorer and Tripper Association)

Kami adalah salah satu perhimpunan bagi mereka yang  mempunyai hobby kegiatan di alam bebas serta mecintai Alam beserta isinya.

PAKSI EXTRASS adalah organisasi tertua di Sukabumi yang berdiri sejak tahun1970, dengan misi untuk turut berperan aktif membangun aktivitas dan kreativitas yg positif bagi siapapun yang mencintai alam dan lingkungan, menanamkan rasa cinta terhadap Tanah Air, Bangsa, dan Negara Keastuan Republik  Indonesia melalui pembinaan, pendidikan dan pelatihan pembentukan karakter anggotanya melalui kegiatan dengan media di alam bebas.

Untuk menjadi anggota diwajibkan harus melalui tahapan Bimbingan dan Pendidikan atau Pelatihan Dasar dalam kurun waktu yang ditentukan.

M O T T O

PAKSI-EXTRASS

Kami mendaki Gunung, Bukit, menyusuri Lembah, menerobos Hutan menyebrangi Sungai, menyusuri Pantai dan mengarungi Lautan, bukanlah maksud kami untuk Menaklukannya, tetapi kami hanyalah ingin mengagumi kebesaran Tuhan Yang Maha Esa serta bertujuan mengambil pelajaran dari masyarakat dan alam sekitarnya.(1970)

PAKSI-EXTRASS adalah kami yang mencintai alam semesta beserta isinya, mencintai lingkungan termasuk diri kita sendiri dan yang mencintai kegiatan di alam bebas

Yang meliputi Pendakian gunung, Pemanjatan Tebing, penyelusuran Goa, Jelajah Hutan, Jelajah Lautan, Penelusuran Sungai, Penyusuran Pantai, Arung Jeram dan Kegiatan Penjelajahan serta Pengembaraan lainnya.

Sejarah berdirinya

PAKSI-EXTRASS

Pada kurun tahun 1967-1970 merupakan proses awal sebelum

berdirinya organisi yang diisi dengan kegiatan kepanduan (Scouting).

Seiring dengan berjalannya waktu yang disertai berkembangnya tehnologi dan informasi menuntut untuk mengembangkan kegiatan yang berorientasi pada Alam dan perlindungan alam, pembentukan dan Pelatihan Team SAR (Search And Rescue) di gunung Gede-Pangrango maupun kegiatan di Pantai selatan Sukabumi.

Kegiatan di alam bebas yang mulai dikembangkan pada waktu itu adalah Olah Raga Arus Deras (ORAD) atau Rafting, serta kegiatan olahraga dan rekreasi, , Baca Jejak, Navigasi Darat/Laut dan ketrampilan lainnya.

Dengan di prakarsai oleh Bapak Bupati Kabupaten Sukabumi, yang pada waktu itu di jabat oleh Letkol Pol. H.Anwari (Alm) maka pada tanggal 28 Mei 1970 Pemuda Pemudi Sukabumi yg aktif di alam bebas mendirikan sebuah organisasi yang betnama PAKSI-EXTRASS Sukabumi.

Sebagai Anggota Angkatan Pendiri dilatih oleh teman-teman dari Organisasi Penempuh Rimba & Pendaki Gunung WANADRI Bandung.

Sekretariat pada waktu itu menempati salah satu Ruangan PENDOPO yang merupakan Rumah Dinas Bupati Kabupaten Sukabumi di Jln. A.Yani 46 Sukabumi.

“WE’RE NATURE LOVERS and WORLD EXPLORERS”

TAKE NOTHING, BUT PICTURES

[Jangan ambil sesuatu kecuali gambar]

KILL NOTHING, BUT TIMES

[Jangan bunuh sesuatu kecuali waktu]

LEAVE NOTHING, BUT FOOT PRINT

[Jangan tinggalkan sesuatu kecuali jejak kaki]

Sekretariat :

Jl. RA. Kosasih No. 270.A. Ngaweng, Sukabumi-43151.

Tlp.081313414209-0811206367

WA.085722222055

Leave A Response »