MASA PANDEMI TIDAK HALANGI KABUPATEN SUKABUMI CAPAI UNIVERSAL HEALTH COVERAGE (UHC)

elmitra 95 FM September 14, 2021 0
MASA PANDEMI TIDAK HALANGI KABUPATEN SUKABUMI CAPAI UNIVERSAL HEALTH COVERAGE (UHC)

Radio Elmitra News – Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah hadir untuk penduduk Indonesia sejak 1 Januari 2014. Selama lebih dari tujuh tahun program JKN-KIS berjalan, pertumbuhan pesertanya terbilang cukup pesat. Sampai dengan September 2021 jumlah kepesertaan program ini telah mencapai 225.972.752 juta jiwa atau sekitar 83,28% dari seluruh penduduk Indonesia yang berasal dari berbagai segmen peserta, termasuk penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) hadirnya program ini untuk menjamin kebutuhan pelayanan kesehatan penduduk Indonesia. Melalui program JKN-KIS Pemerintah pun terus mengupayakan pencapaian cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage untuk menjamin seluruh penduduk Indonesia dalam mengakses pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Universal Health Coverage ini sesungguhnya adalah wujud nyata sinergitas BPJS Kesehatan dengan Pemerintah dalam penyelenggaraan program JKN-KIS yang merupakan salah satu program strategis Pemerintah, serta bukti komitmen dan ketaatan bersama terhadap undang – undang yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Hal ini disampaikan oleh Direktur Perencanaan Pengembangan dan Manajemen Resiko BPJS Kesehatan Mahlil Ruby, dalam acara penyerahan Piagam Penghargaan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi untuk pencapaian Universal Health Coverage Kabupaten Sukabumi dalam kepesertaan Program JKN-KIS, di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/09).

Hadir pada acara ini Bupati Sukabumi, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Barat, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Sukabumi, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi, serta instansi – instansi terkait di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen kuat Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi, masa pandemi Corona Virus-19 (Covid-19) tidak menghalangi upaya terbaiknya untuk terus mendukung implementasi program JKN-KIS dan mengupayakan tercapainya Universal Health Coverage untuk seluruh penduduk Kabupaten Sukabumi.” ujar Mahlil

Lebih lanjut Mahlil menyampaikan bahwa capaian kepesertaan Program JKN-KIS di Kabupaten Sukabumi, per tanggal 13 Juli 2021 adalah sebesar 95,16% sedangkan update data terakhir per September 2021 telah berada diangka 95,40%. Adapun jumlah peserta total adalah 2.505.945 jiwa dari sejumlah penduduk 2.626.762 Jiwa, berdasarkan data Administrasi Kependudukan (Adminduk) Desember 2020.

“Angka pencapaian Kabupaten Sukabumi tersebut adalah capaian prosentase Universal Health  Coverage tertinggi ke-3 di Kedeputian Wilayah Jawa Barat setelah Kota Cirebon dan Kota Cimahi, dengan komposisi peserta Penerima Bantuan Iuran Anggaran Belanja Negara (PBI APBN) sebanyak 1.486.102 jiwa (56,6%), Peserta Penerima Upah (PPU) sebanyak 487.049 jiwa (18,5%), Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) sebanyak 253.271 (9,6%), Peserta Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja Yang Didaftarkan Oleh Pemerintah Daerah (PBPU dan BP PEMDA) sebanyak 252.397 (9,6%), dan Peserta Bukan Pekerja (BP) sebanyak 27.126 (1,4%). Dengan capaian ini semoga dapat menjadi motivasi untuk Pemerintah Daerah lainnya khususnya di Provinsi Jawa Barat.” harapnya.

Sementara  Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengungkapkan bahwa sudah menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi untuk menjamin seluruh penduduk Kabupaten Sukabumi mendapatkan jaminan kesehatan yang terbaik, dengan mengoptimalkan pelaksanaan program JKN-KIS di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Universal Health Coverage merupakan salah satu wujud komitmen dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi dalam mendukung Program JKN-KIS melalui perluasan kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Sukabumi.” ucapnya.

H. Marwan pun menyampaikan bahwa keberhasilan pelaksanaan program jaminan kesehatan di Kabupaten Sukabumi sangat didukung oleh peran seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi melalui instansi – instansi terkait, khususnya dalam hal peningkatan kualitas dalam memberikan pelayanan yang terbaik di fasilitas kesehatan, baik itu tingkat pertama ataupun tingkat lanjut.

“Semoga dengan pencapaian Universal Health Coverage ini menjadi pemicu semangat seluruh stakeholder di Kabupaten Sukabumi sesuai peran dan tugasnya masing – masing, untuk bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan program JKN-KIS.” ungkapnya.  

Tercapainya Universal Health Coverage ini juga merupakan persembahan dan kado terbaik dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi, bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Sukabumi yang ke-151 pada tanggal 10 September 2021 lalu. Sesuai dengan Misi Kabupaten Sukabumi yaitu Terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang Religius, Maju dan Inovatif Menuju Mayarakat Sejahtera Lahir Bathin.

Sedangkan Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar mengapresiasi pencapaian Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Sukabumi, hal ini merupakan kerja bagus pemerintah. Menurutnya UHC tidak hanya bicara masalah kepesertaan, tetapi juga cakupan pelayanan kesehatan secara umum.

“saya melihat ini adalah pemerintah, pak bupati dalam hal ini dan bpjs kesehatan sangat bagus dan saya apresiasi, mereka semua sudah bekerja dengan hati. Ini adalah sinyal baik untuk kabupaten sukabumi kesehatannya dapat diperbaiki” tandasnya.

Editor : D1 aJA

Leave A Response »