MANFAATKAN SCF, OPERASIONAL 3 RS PEMERINTAH DAERAH INI BERJALAN LANCAR

elmitra 95 FM July 25, 2019 0
MANFAATKAN SCF, OPERASIONAL 3 RS PEMERINTAH DAERAH INI BERJALAN LANCAR

Sejak awal diimplementasikan, BPJS Kesehatan menggandeng berbagai mitra perbankan dengan mengembangkan produk dan fitur perbankan sebagai bagian dari pelayanan publik. Produk dan fitur perbankan ini terus berkembang pesat, termasuk salah satu program bernama Supply Chain Financing (SCF) yang bisa dimanfaatkan fasilitas kesehatan (faskes) untuk pembiayaan pelayanan kesehatan.  Program SCF bagi mitra faskes BPJS Kesehatan merupakan program pembiayaan oleh bank yang khusus diberikan kepada faskes mitra BPJS Kesehatan untuk membantu percepatan penerimaan pembayaran klaim pelayanan kesehatan melalui pengambilalihan invoice sebelum jatuh tempo pembayaran.

Program SCF nyatanya telah dimanfaatkan oleh banyak rumah sakit bukan hanya rumah sakit swasta tapi juga rumah sakit umum daerah (RSUD).  Ada 3 RSUD di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yaitu RSUD Sayang Cianjur, RSUD Cimacan Cipanas, Cianjur dan RSUD Pelabuhan Ratu, yang turut merasakan manfaat menggunakan SCF.

Wakil Direktur Keuangan dan Umum, RSUD Sayang Cianjur Yusman Faisal mengungkapkan “RSUD Sayang Cianjur dalam hal pengelolaan operasional sudah melakukan penghematan mulai dari mengkaji ulang unit cost dan belanja operasional sesuai dengan kebutuhan rumah sakit. Ditambah dengan menggunakan skema SCF dapat lebih membantu memperlancar operasional dan cashflow rumah sakit.”

Sementara itu Direktur RSUD Pelabuhan Ratu Sukabumi Asep Rustandi mengatakan “alternatif pembiayaan melalui SCF dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesinambungan operasional rumah sakit. RSUD Pelabuhan Ratu sendiri sudah menggunakan SCF sebanyak 3 kali sejak pertengahan tahun 2018. Rumah sakit ini juga didukung oleh Pemerintah Daerah setempat dengan menerbitan Peraturan Bupati Sukabumi.”

Dari berbagai pengalaman rumah sakit di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yang menggunakan program SCF, RSUD Cimacan Cipanas, Cianjur juga tertarik untuk menggunakan skema ini. Direktur RSUD Cimacan Cipanas, Cianjur, Darmawan berterimakasih kepada BPJS Kesehatan telah memfasilitasi kerjasama dengan perbankan untuk model pembiayaan SCF. Menurutnya ini solusi yang bisa ditawarkan kepada rumah sakit sambil menunggu proses pembayaran klaim dari BPJS Kesehatan.

RSUD Cimacan sendiri saat ini sedangmelakukan proses pengajukan SCF ke salah satu mitra perbankan. Darmawan berpesan agar ke depan informasi terkait pembayaran klaim dapat disampaikan dengan cepat, sehingga rumah sakit dapat bersiap menyiapkan strategi perencanaan menghadapi kondisi kesinambungan operasional rumah sakit.

Leave A Response »