Kunjungan Kerja / Kaji Terap Tentang Percepatan Penerbitan Perda Penyelenggaraan Pengasuhan Anak Dalam Keluarga dan Pengasuhan Alternatif

elmitra 95 FM December 6, 2018 0
Kunjungan Kerja / Kaji Terap Tentang Percepatan Penerbitan Perda Penyelenggaraan Pengasuhan Anak Dalam Keluarga dan Pengasuhan Alternatif

Dalam Rangka Percepatan Penerbitan Peraturan Daerah Penyelenggaraan Pengasuhan Anak Dalam Keluarga dan Pengasuhan Alternatif untuk mewujudkan Kabupaten / Kota Layak Anak (KLA) serta untuk Sukabumi Lebih Baik, DP3A Kabupaten Sukabumi  bersama dengan  Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Perwakilan OPD Terkait, Akademisi (UMMI Sukabumi)  dan Pemerhati Peduli Anak (P2TP2A, KPAID, dan KPI) melaksanakan Kunjungan Kerja/Kaji Terap ke DP5A Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur, (Hari : Selasa – Jumat, Tanggal 27 – 30 Nopember 2018).

0p2

Anak adalah Amanah dan Karunia Tuhan YME dan tunas potensi penerus perjuangan bangsa harus mendapat pemenuhan Hak Perlindungan dari Pemerintah Daerah, Masyarakat, dan Keluarga agar terhindar dan terbebas dari tindakan Kekerasan, Ekploitasi, Penelantaran dan Perlakuan salah di lingkungan Rumah Tangga, Pendidikan dan Masyarakat. Guna menjamin dan melindungi hak-hak anak agar mendapat perlindungan dari tindakan kejahatan kekerasan, ekploitasi, penelantaran, perlakuan salah dan pelanggaran hal-hal lainnya. Perlu melakukan upaya-upaya perlindungan anak demi kepentingan terbaik anak “Semua Anak adalah Anak Kita”.

Kajian Pola Asuh ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran keluarga dalam memenuhi hak dan kewajiban terhadap anak, Mengkaji pola asuh yang diterapkan oleh orang tua memerlukan perhatian dan membantu keluarga untuk tetap mampu mengasuh anaknya sendiri dan Melihat kembali pola asuh yang baik menurut undang-undang yang ada di Indonesia dengan  berazaskan Non Diskriminasi, Kepentingan Terbaik Bagi Anak, Hak untuk Hidup dan Penghargaan terhadap Pandangan atau Pendapat Anak.

0p3

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sukabumi Drs. Nasihuddin, MM., mengatakan “Asas Penghargaan terhadap pandangan atau pendapat anak merupakan Hak Anak dalam berpendapat, sejak dini anak dibiasakan untuk belajar berpendapat maka kelak ketika dewasa dia terbiasa dengan perbedaan pendapat itu sendiri. Saat ini banyak peristiwa perbedaan pendapat yang menuju kepada konflik dan kekerasan yang disebabkan karena tidak siap dengan perbedaan pendapat itu sendiri.”

Sementara itu Kepala Seksi Perlindungan Anak DP3A Kab. Sukabumi Dra. Neni Nuryati, M.M.Pd., mengatakan “Dalam Kajian Pola Asuh, Anak juga membutuhkan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara fisik, mental, maupun sosial dan memiliki ahlak yang mulia, maka tumbuh kembang anak harus dilakukan dalam lingkungan yang melindungi dari segala bahaya dalam bentuk pegasuhan anak yang optimal.”

Leave A Response »