KPU KOTA SUKABUMI LAUNCHING RUMAH PINTAR PEMILU (RPP)

elmitra 95 FM April 28, 2017 0
KPU KOTA SUKABUMI LAUNCHING RUMAH PINTAR PEMILU (RPP)

Menuju PILKADA serentak 27 Juni  2018, KPU kota Sukabumi Launching Rumah Pintar pemilu (RPP) yang bertempat di Kantor KPU Jl. Otto Iskandardinata Kota sukabumi, pada hari Jum’at, tanggal 28 April 2017.

Turut hadir dalam acara tersebut Walikota Sukabumi sekaligus meresmikan Gedung RPP,  Wakil Walikota Sukabumi, DPRD kota Sukabumi , Dandim 0607, perwakilan Polres Sukabumi Kota, Perwakilan KPU Provinsi Jawa Barat,  Ketua & Komisioner serta Sekretaris KPU kota Sukabumi beserta Jajaran, Ketua & Komisioner serta Sekretaris KPU Kabupaten Sukabumi, Pelajar, Mahasiswa, dan tamu undangan lainya.

8

Dengan adanya Rumah Pintar Pemilu (RPP) ini, diharapkan dapat menjadi Sarana Pendidikan kepada masyarakat agar mengetahui tata cara pelaksanaan Pemilihan Umum, menjawab kebutuhan pemilih dan masyarakat umum serta untuk melakukan edukasi nilai-nilai Demokrasi tentang Kepemiluan. Rumah Pintar Pemilu  ini bebas di akses masyarakat luas  berisikan beberapa ruangan yang juga berfungsi sebagai museum perjalanan Pemilu di Indonesia.

Walikota sukabumi M.Muraz mengatakan “ RPP akan memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan Pemilu yang sudah dilaksanakan maupun yang akan datang. Kemudian juga tersedia berbagai informasi dan ketentuan perundang-undangan yang berkaitan dengan Pemilu sampai kepada tata cara Pemilu mulai dari Pemilukada hingga Pilpres, sekaligus merupakan bentuk akuntabilitas dan transparansi kepada masyarakat.

10

Ketua KPU Kota Sukabumi Hamzah mengatakan “ada tiga ruangan utama di dalam RPP diantaranya Ruang Audio Visual, Ruang Praktek dan PPID, kemudian Media Centre”. dengan adanya RPP partisipasi masyarakat dalam memberikan hak politiknya terus meningkat.  Selain itu ia menambahkan “ Masyarakat nantinya jadi lebih paham, tentang aturan-aturan Pemilu, selain itu RPP bertujuan untuk meminimalisir gesekan-gesekan akibat ketidak pahaman masyarakat akan aturan Pemilu”.

Leave A Response »