KOMITMEN BERSAMA UNTUK PERCEPATAN ODF 100%

elmitra 95 FM Maret 3, 2021 0
KOMITMEN BERSAMA UNTUK PERCEPATAN ODF 100%

Radio Elmitra News – Guna mewujudkan Open Defecation Free (ODF) pada pelaksanaan kabupaten Sukabumi sehat menuju Swasti Saba WIstara ke-2, Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat menyelenggarakan Pencanangan dan Penggalangan Komitmen Percepatan ODF yang di ikuti secara virtual oleh 47 kecamatan se-kabupaten Sukabumi bertempat di Aula Kantor Kecamatan Cikembar, Rabu (03/03/2021).

sesuai Instruksi Bupati Sukabumi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan/Open Defecation Free, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menegaskan dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sukabumi Sehat dan sebagai upaya untuk mendorong percepatan pencapaian Kabupaten Sukabumi menjadi Kabupaten yang Open Defecation Free (ODF) yaitu suatu kondisi dimana masyarakat di Kabupaten Sukabumi tidak ada lagi yang buang air besar disembarang tempat tetapi harus dijamban yang sehat

Ketua Forum Ketua FSKSS Hj. Yani Jatnia Marwan menyebutkan  Lelang Kebaikan merupakan salah satu Program yang dijalankan FSKSS dalam upaya Percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan/Open Defecation Free di kabupaten Sukabumi.

“Lelang Kebaikan untuk mengajak semua perangkat daerah, CSR dan juga masyarakat yang mampu untuk gotong royong membantu masyarakat yang sudah sadar tapi belum mampu untuk membangun sarana sanitasi dasar dengan pola pemberdayaan” terangnya.

Saat kegiatan Pencanangan dan Penggalangan Komitmen Percepatan ODF di kecamatan cikembar terkumpul lelang kebaikan  sebesar 21,5 juta hasil dari sumbangan para kades dan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut juga digelar diskusi publik untuk membahas strategi percepatan ODF dengan narasumber Ketua FSKSS Hj. Yani Jatnia Marwan, Kepala Dinas Kesehatan H. Harun Alrasyid, Ketua HAKLI Ujang Soleh Suryaman dan Camat Cikembar Tamtam Alamsyah yang diikuti secara virtual oleh Camat Se-kabupaten Sukabumi, Unsur Forkopincam Cikembar, Para Kades Se-kecamatan Cikembar, Kader PKK, FSKS, FSDS dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan Penandatanganan Komitmen bersama Lintas Sektor Kegiatan Percepatan ODF Kecamatan Cikembar tahun 2021 yang ikuti secara serentak oleh Kecamatan se-kabupaten Sukabumi secara Virtual.

Ditemui setelah Peletakan Batu Pertama Pembangunan Jamban Sehat dari Sumber Dana Lelang Kebaikan di Rt 01 Rw 04 Kampung Cikembar Desa Cikembar Kecamatan CIkembar, Ketua FSKSS Hj. Yani Jatnia Marwan mengatakan Pembangunan jamban sehat ini untuk masyarakat yang tidak memiliki jamban sehat yang masih BAB ke sungai.

“ini percontohan yang diberikan dari FSKSS kabupaten ada 5 titik, mudah-mudahan cikembar menjadi contoh untuk kecamatan yang lainya. Niat kita adalah untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang PHBS, semoga PHBSnya meningkat setelah adanya pembangunan jamban sehat” jelasnya.

Hj. Yani Jatnia Marwan menambahkan saat ini ada 114.800 kk yang belum memiliki jamban sehat keluarga, sesuai dengan komitmen yang sudah bagus, kemudian lelang kebaikan di tingkat kecamatan sudah berjalan, pra kades sangat mendukung bahkan sudah ada perdes tentang larangan buang air besar sembarangan yang mengacu pada  Instruksi Bupati Sukabumi Nomor 1 Tahun 2021 tentang akselerasi ODF.

“jadi mudah-mudahan dengan sinergitas dan juga komitmen ini bisa terwujud masyarakat kita punya jamban keluarga” tandasnya.

Reporter : Her

Leave A Response »