KEUTAMAAN MEMBAYAR ZAKAT FITRAH RAMADHAN MELALUI BAZNAS

elmitra 95 FM June 1, 2019 0
KEUTAMAAN MEMBAYAR ZAKAT FITRAH RAMADHAN MELALUI BAZNAS

Dalam rangka menghimbau masyarakat kabupaten Sukabumi untuk menunaikan Zakat fitrah di bulan ramadhan 1440 H, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kabupaten Sukabumi bersama dengan SETDA Kabupaten Sukabumi yang diwakili oleh Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi H. U. Ruyani, SH.MM dan kepala bagian sosial dan keagamaan SETDA Kabupaten Sukabumi H. Unang Sudarma menggelar Talkshow di radio elmitra 95 fm Sukabumi pada 31 Mei 2019 yang dipandu oleh Vini raos Kirana dan Mario raos Azkha.

Dalam UU. No 23 Tahun  2011 yang mengatur tentang pengelolaan zakat menyebutkan bahwa zakat harus dibayarkan melalui amil yang dalam hal ini adalah BAZNAS dan LAZ. sehingga Pemerintah daerah kabupaten Sukabumi bersama BAZNAS Kabupaten Sukabumi terus melakukan sosialisasi tentang wajibnya membayar zakat fitrah yang merupakan salah satu rukun islam.

Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi H. U. Ruyani menyebutkan “ada beberapa keunggulan ketika masyarakat menunaikan zakatnya melalui BAZNAS, dimana para penerima zakat nantinya tidak hanya menerima zakat dalam bentuk konsumtif saja tetapi juga dalam bentuk lainnya seperti kursi roda, biaya pendidikan dll. Adapun besaran zakat masyarakat kabupaten Sukabumi adalah Rp. 27.500 dan infaq sebesar Rp. 2.500”

U. Ruyani menambahkan “total zakat yang terkumpul di Baznas Kabupaten Sukabumi per Januari sampai dengan akhir Mei 2019 ada sekitar 1 Milyar Rupiah, yang diperuntukan untuk pembangunan Masjid, pembangunan madrasah, bantuan tunai dan non tunai bagi masyarakat kurang mampu dan lain-lain.”

Sementara itu kepala bagian sosial dan keagamaan SETDA Kabupaten Sukabumi H. Unang Sudarma mengatakan “ada 8 asnaf atau golongan orang-orang yang menerima zakat yaitu fakir, miskin, riqab, gharim, mualaf, amil, fisabillilah, dan ibnu sabil. Dan seluruh golongan tersebut sudah masuk dalam daftar penerima zakat yang diurus oleh BAZNAS, maka dari itu di himbau kepada masyrakat khususnya yang ada di Kabupaten Sukabumi untuk menunaikan zakat fitrah dan zakat mal nya melalui BAZNAS Kabupaten Sukabumi”

U. Ruyani dan H. Unang Sudarma menghimbau masyarakat kabupaten sukabumi untuk segera menunaikan zakatnya terutama melalui amil yaitu BAZNAS dan LAZ pada bulan ramadhan 1440H ini.

Leave A Response »