Kartini Inspirasi Remaja Nusantara

elmitra 95 FM April 23, 2018 0
Kartini Inspirasi Remaja Nusantara

Aliansi Yes I do, PKBI Sukabumi menggelar Talkshow di Radio Elmitra Selabintana Sukabumi, Sabtu 21 April 2018 bertepatan dengan hari Kartini. adapun yang menjadi Narasumber Deri Irawan (Program Manager Yes I Do Sukabumi) dan  Dian Hendayana (Koordinator Bidang Perkembangan Remaja) dengan tema “Kartini Inspirasi Remaja Nusantara“ Talkshow Tersebut di kawal langsung oleh Respi Saputri.

Kartini merupakan salah satu pahlawan wanita Indonesia yang memperjuangkan hak wanita. Dalam sejarahnya Kartini dijodohkan oleh orang tuanya dengan laki – laki yang memiliki istri lebih dari satu. Demi kecintaannya kepada sang orang tua, akhirnya Kartini pun mengiyakan perjodohan tersebut. Dunia remaja Kartini seketika direnggut. Namun tak membuat Kartini jera, beliau semakin semangat untuk memperjuangkan hak- hak wanita.

IMG-20180421-WA0076

Dalam talkshow tersebut Deri Irawan mengatakan “remaja – remaja Indonesia mempunyai hak yang sama dengan laki – laki, seperti dari segi pendidikan. Apalagi di zaman sekarang cukup mudah untuk sekolah bahkan kuliah, beda halnya ketika di zaman Kartini, yang namanya wanita bersekolah itu sangat susah”.

Menghadapi zaman milenial ini remaja Indonesia dituntut untuk lebih berprestasi dan mengedepankan pendidikan. Karena pada dasarnya wanita yang akan menjadi madrasah pertama bagi anak – anaknya. Deri Irawan (Program Manager Yes I Do Sukabumi) mengatakan “Apalagi untuk generasi x atau anak zaman now sekarang akses untuk mendapatkan pendidikan terutama semakin mudah. Jangan sampai mengedepankan cinta ketimbang pendidikan”

Dian Hendayana menambahkan “Perkawinan anak dibawah umur semakin marak, maka dari itu perlu sosialisasi yang gencar untuk meminimalisir hal tersebut. Karena pada zaman kartini dan zaman sekarang itu berbeda. Untuk zaman sekarang, remaja usia 16 tahun belum dewasa dan masih labil sementara pada zaman kartini untuk usia 16 tahun sudah terbilang dewasa. Perbedaan tersebut dilatar belakangi oleh beberapa faktor. Dari gaya hidup misalnya itu sangat mempengaruhi”

Diakhir segmen kedua narasumber menyimpulkan,”Bahwa hari Kartini adalah ajang untuk remaja – remaja Indonesia beradu prestasi, katakana tidak pada pemerkosaan atas dasar cinta dan pentingkanlah pendidikan. Jadilah Kartini – Kartini masa kini yang berprestasi”.

 

Leave A Response »