KADER JKN KIS, SIAP LAYANI PESERTA BPJS KESEHATAN

elmitra 95 FM October 31, 2018 0
KADER JKN KIS, SIAP LAYANI PESERTA BPJS KESEHATAN

Salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh BPJS Kesehatan dalam upaya menuju Cakupan Semesta atau Universal Health Coverage program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada 01 Januari 2019, yaitu pada pengelolaan kelompok peserta dari sektor informal. Untuk itu, sejak April 2017 ini, BPJS Kesehatan membuka Program Kader JKN-KIS yang diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan jumlah kepesertaan dan meningkatkan kolektabilitas iuran BPJS Kesehatan bagi segmen peserta informal atau Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

2

Dalam rangka mensosialisasikan tugas dan fungsi Kader JKN KIS, BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi menggelar Talkshow di Radio Elmitra 95fm Sukabumi, dengan materi pembahasan “Kader JKN KIS”, hadir sebagai Narasumber Inne Indah Susanti (Staff Komunikasi Publik), Putriyani Suci Safitri (Penagihan & Keuangan), dan Bagus Kresna (Kader JKN KIS). Pada hari Rabu, 31 Oktober 2018.

Inne Indah Susanti mengatakan “Kader JKN KIS adalah individu berasal dari masyarakat  yang bekerja sama sebagai mitra BPJS Kesehatan berdasarkan hubungan kemitraan yang menjalankan fungsi pengingat dan kolektif iuran, fungsi pemasaran sosial, fungsi administrasi kepesertaan dan fungsi pendampingan pelayanan kesehatan (informasi, edukasi dan koordinasi pelayanan keluhan)”.

3

Bagus Kresna mengatakan “awal mula mulai bergabung sebagi kader JKN KIS pada tahun pertama kali kader JKN KIS ini di bentuk oleh BPJS Kesehatan yaitu tahun 2017, adapun untuk kegiatan rutin yang dilakukan adlah mengunjungi peserta binaan untuk mengingatkan pembayaran iuran, memberikan informasi tentang cara membayar iuran BPJS Kesehatan dan chanel pembayaran iuran. Selain itu, melukan sosialisasi saat ada kegiatan pengajian/arisan atau ada kegiatan di Balai Desa, juga membantu menyampaikan informasi kelengkapan administrasi apa saja yang dibutuhkan apabila ada yang ingin mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, Informasi cara mendapatkan layanan kesehatan di Puskesmas atau Rumah Sakit. Para kader ini di wajibkan setiap 2 minggu sekali berkumpul di kantor BPJS Kesehatan untuk mengevaluasi kegiatan apa saja yang telah di kerjakan dalam 2 minggu dan para kader selalu diberikan pengetahuan/ informasi terbaru dari BPJS Kesehatan”.

Sementara itu,  Putriyani Suci Safitri (Penagihan & Keuangan)menjelaskan “untuk masalah pembayaran iuran, peserta JKN KIS bisa melalui beberapa layanan diantaranya dengan mengikuti Tabungan Sehat di Bank BNI, Dengan produk Tabungan Sehat, peserta bisa menyimpan uangnya sebagaimana menabung pada umumnya. Saat saldo tabungan sudah mencukupi, maka otomatis BNI akan mendebet tabungan untuk pembayaran iuran JKN-KIS. Selain di Bank kini BPJS Kesehatan juga membuka layanan pembayaran iuran di kantor POS di seluruh Indonesia”.

Ke 3 (Tiga) narasumber menghimbau agar peserta membayar iuran BPJS Kesehatan sebelum tanggal 10 setiap bulannya dan bagi yang belum menjadi peserta agar segera mendaftar melalui media apa saja, untuk lebih jelasnya bisa menghubungi care center BPJS Kesehatan 1500-1400 atau kunjungi website BPJS Kesehatan : www.bpjs-kesehatan.go.id atau melalui kader JKN KIS.

Leave A Response »