Kabupaten Sukabumi Suguhkan Pesona Alam Dan Budaya

elmitra 95 FM September 18, 2017 0
Kabupaten Sukabumi Suguhkan Pesona Alam Dan Budaya

Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono menghadiri acara Seren Tahun Kampung Adat Kasepuhan Cipta Gelar ke 649 yang di hadiri pula oleh Kesultanan dan Kerajaan Nusantara. Minggu 17 September 2017.

Hadir pada kesemptan tersebut Raja dan Ratu Nusantara, Wakil Bupati Kabupaten Lebak Banten, Dandim 0622 Sukabumi, Kepala Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Unsur Pimpinan Daerah, serta tamu undangan lainnya.

DSC_2813

Sukabumi selalu saja menyuguhkan pesona Wisata Alam dan Budayanya, salah satu Budaya yang masih melekat di Kabupaten Sukabumi adalah acara Seren Tahun yang di laksanakan di Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan sembako untuk para lansia dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi yang secara simbolis di serahkan oleh Wabup kepada Warga masyarakat Sirnaresmi.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan ucapan terimakasih atas dilaksanakannya acara Adat Seren Tahun ini, Kegiatan ini selalu mendapat perhatian Wisatawan Domestik maupun Internasional untuk datang dan melihat acara Seren Tahun, alhamdulilah Kasepuhan Sirna Resmi masih bisa mempertahankan warisan Budaya dan bisa menyelenggarakan kegiatan ini.

lebih Lanjut di sampaikan Wabup, Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan selalu mendukung kegiatan kesenian adat kesepuhan cipta gelar karena kesenian seperti ini merupakan salah satu Nilai budaya Bangsa Indonesia dan memiliki manfaat begitu besar bagi Pesona Pariwisata Kabupaten Sukabumi terlebih sistem dan pengelolaan pertanian yang baik tanpa menggunakan bahan kimia.

2

Selaim itu Wakil Bupati Sukabumi mengatakan “seren taun ini sebagai pengingat untuk kita dalam mengolah hasil pertanian yang unggul dan bebas dari bahan kimia“.

Sementara itu Abah Ugi selaku ketua kasepuhan Cipta Gelar mengucap rasa syukur dan bangga karna pada kegiatan kali ini telah hadir tamu tamu dari berbagai kerajaan dan kesultanan di nusantara diantaranya Sultan Dhemak, Raja Ntb, Raja Sinjai, Raja tapanuli dan Ratu Sumetera Utara.

selanjutnya Abah Ugi melaporkan kegiatan yang menampilkan kesenian budaya seperti seni buhun Dog-dog Lojor, Gondang, Wayang Golek, Jipeng, Topeng, dan Debus. Acara ini berlangsung tiga hari tiga malam dan diwarnai karnaval hasil bumi serta kerajinan warga adat yang berasal dari 568 perkampungan, Alhamdulilah dari hasil Laporan bagian pertanian disini, pada tahun ini hasil pertanian kita meningkat 20% dari tahun sebelumnya”.

Leave A Response »