Kabupaten Sukabumi Siap Integrasikan JAMKESDA Ke JKN

elmitra 95 FM March 7, 2018 0
Kabupaten Sukabumi Siap Integrasikan JAMKESDA Ke JKN

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi menggelar Rapat Koordinasi Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA) dan JKN Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2018. bertempat di Hotel Pangrango , Rabu 07 Maret 2018. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri dan diikuti oleh oleh 30 peserta OPD yang terkait, baik lintas sektor maupun lintas program.

DSC_9938

Dalam  sambutannya Sekda Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri mengatakan “JAMKESDA merupakan program jaminan bantuan pembayaran biaya pelayanan kesehatan, program ini harus menyatu (terintregasi) ke dalam Jaminan Kesehatan sebagaimana tertuang dalam UU Sistem Jaminan Sosial Nasional Nomor 40 tahun 2004”.

H. Iyos Somantri menambahkan “Jaminan Kesehatan Daerah yang di atur oleh Peraturan Bupati nomor 22 tahun 2017 adalah program bantuan pelayanan kesehatan masyarakat miskin dengan sumber biaya dari pemerintah, dengan tujuan meningkatkan akses pelayanan kesehatan masyarakat miskin yang tidak termasuk dalam kuota JKN atau belum memiliki jaminan kesehatan ke sarana pelayanan kesehatan dan rujukan. Pengintregasian Jamkesda ke JKN sudah di lakukan secara bertahap oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi sejak tahun 2016 sebanyak 63.030 jiwa dari jumlah penduduk 2.523.997 jiwa yang sudah di intregasikan ke BPJS kesehatan 1.694. 309 jiwa , jadi sisa yang belum diintregasikan sebanyak 829,683 jiwa, tetapi itu merupakan penduduk secara keseluruhan , bukan hanya penduduk miskin”.

8

Sementara itu Kabid Yankes Dinkes Kabupaten Sukabumi dr. H. Asep Suherman mengatakan “maksud diadakannya Rapat Kordinasi ini yaitu, untuk membahas kesiapan Kabupaten Sukabumi dalam pengintregasian Jamkesda ke JKN.  program tersebut merupakan intruksi dari Presiden RI, no 8 tahun 2017 bahwa seluruh masyarakat harus mengikuti Program JKN”.  dr.H.Asep Suherman  menambahkan “dikarenakan program tersebut di intruksikan langsung oleh Presiden, maka Kabupaten Sukabumi harus siap”.

Leave A Response »