JOGLO PASUNDAN SUKABUMI, SAJIAN TRADISI SELERA NUSANTARA

elmitra 95 FM December 4, 2018 0
JOGLO PASUNDAN SUKABUMI, SAJIAN TRADISI SELERA NUSANTARA

Sukabumi kini menjelma menjadi kota Pariwisata, banyak tersebar di Kota dan Kabupaten Sukabumi, tempat – tempat pilihan untuk berwisata, mulai dari wisata alam, kuliner, dll. Yang terbaru kini Joglo Pasundan Sukabumi menjadi salah satu ikon wisata kuliner di sukabumi.

WhatsApp Image 2018-12-03 at 18.48.14

Joglo Pasundan Sukabumi menjai satu-satunya tempat kuliner yang menyajikan sajian Khas Nusantara, tak hanya dalam sajian makanannya, namun dapat terlihat dari ornament bangunan yang berkarikatur keraton Jawa Tengah dan Budaya Sunda. Suasana yang sangat nyaman tersaji di Joglo Pasundan Sukabumi, tampak depan terlihat keraton tempo dulu, konsep dari Resto joglo pasundan sukabumi terinspirasi dari keraton jogja, dengan mengambil filosofi dari jawa yaitu papat kiblat limo pancer, dimana kalau dilihat bangunan joglo ini berdiri diatas 4 tiang utama dimana tiang utama yang disebut Soko Guru. dinamakan joglo pasundan, Karena bentuk bangunannya adalah joglo dan berdiri diatas tanah pasundan. Resto tersebut beralamat di Jl. KH. Ahmad Sanusi No.15 A Kota Sukabumi.

3

Adapun untuk menu andalan Joglo Pasundan Sukabumi dan menjadi focus utamanya yaitu makanan khas sunda Jawa Barat dan Jawa Tengah seperti, Gudeg, Nasi tutuk oncom, Soto Mie Bogor, Rawon Surabaya, Ayam Taliwang Bali, dan berbagai menu khas nusantara lainnya.

Saat ditemui di Joglo Pasundan Sukabumi pada hari Senin, 03 Desember 2018.  salah satu pemilik Joglo Pasundan Sukabumi Cristin Mualim mengatakan “Rumah Makan Joglo Pasundan Sukabumi berawal dari ide orang tua, yang ingin memiliki satu kontribusi sebagai salah satu putra daerah untuk daerah kelahirannya dan setelah mencari ide sekian lama pada akhirnya menemukan sesuatu yang belum ada di Kota Sukabumi yaitu membuat resto Joglo yang memiliki khas suasana berbeda dari resto yang lain.

5

Selain itu, Cristin Mualim menyampaikan “di Kota Sukabumi sendiri banyak resto yang bertemakan western dan terkadang saat Ini banyak orang melupakan makanan tradisonal, maka dari itu Joglo Pasundan Sukabumi hadir menjadi sesuatu yang berbeda menyajikan makanan khas jawa Tengah, Sunda dan daerah lainnya, selain itu juga sebagai upaya untuk mempertahankan budaya di Indonesia. Soal harga, gak usah khwatir, dari berbagai menu yang ada dijamin tidak akan menguras kantung karena harganya sangat terjangkau. Selain itu, Joglo pasundan sukabumi juga menyewakan meeting room untuk berbagai acara seperti, resepsi pernikahan dengan harga peket 18 Jt untuk 200 orang tamu dan paket lainnya”.

Cristin Mualim berharap “Joglo Pasundan Sukabumi ini menjadi ikon kuliner di Sukabumi, karena sebagai mana diketahui saat ini Sukabumi sudah berkembang. Terlebih dengan dibangunnya infrastruktur, sukabumi diyakini akan menjadi daerah yang lebih berkembang. Sehingga akan banyak sekali wisatan – wisatawan yang akan datang, dengan kapasitas Joglo Pasundan ini cukup besar, maka akan mampu menampung rombongan yang berjumlah banyak”.

Leave A Response »