JAKSA MASUK DESA ; KOKOHKAN SINERGI KEJARI CIANJUR UNTUK MENYUKSESKAN JKN-KIS

elmitra 95 FM May 28, 2019 0
JAKSA MASUK DESA ; KOKOHKAN SINERGI KEJARI CIANJUR UNTUK MENYUKSESKAN JKN-KIS

Cianjur, Jamkesnews ; BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Cianjur terus melakukan koordinasi untuk menjamin keberlangsungan dan peningkatan kualitas pelayanan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sesuai tugas, fungsi dan kewenangannya masing – masing.

Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 8 tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional, disebutkan bahwa Kejaksaan untuk melakukan penegakan kepatuhan dan penegakan hokum Badan Usaha, Badan Usaha Milik negara (BUMN) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Pemerintah Daerah dalam mengoptimalisasi pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Cianjur dan sebagai Implementasi Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 mengenai kewajiban kepala desa dan perangkat desa beserta anggota keluarganya menjadi peserta JKN-KIS, Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur melalui Instruksi Bupati Nomor 1 Tahun 2019 menegaskan tentang Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa Serta Keluarganya Sebagai Segmen Pekerja Penerima Upah (PPU).

Sebagai upaya meningkatkan pemahaman para Kepala Desa dan Perangkat Desa mengenai hal tersebut Kejari Kabupaten Cianjur melalui program Jaksa Masuk Desa dan tentunya bersinergi dengan BPJS Kesehatan Kabupaten Cianjur melakukan serangkaian kegiatan Sosialisasi Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional bagi Kepala Desa Dan Perangkatnya yang tersebar di 32 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi, salah satunya di Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur, kamis (23/05).

Kepala Kejari Kabupaten Cianjur Yudhi Syufriadi menyambut baik upaya memperkokoh sinergi dan kemitraan yang telah lama terjalin antara kejari dan BPJS Kesehatan melalui sosialisasi ini.

“Dengan sinergi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para Kepala Desa serta aparatnya untuk menjadi peserta JKN-KIS” ujar Yudhi.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Cianjur Karlina saat menyampaikan paparannya mengingatkan akan pentingnya kepatuhan kepala desa serta aparatnya dalam hal pendaftaran kepesertaan Program JKn-KIS.

“Dengan adanya kegiatan ini harapannya seluruh aparatur desa di Kabupaten Cianjur tahun ini sudah memiliki jaminan kesehatan dan menjadi bukti peran aktif setiap warga Negara untuk bersama-sama menyukseskan Program JKN-KIS” kata Karlina. (kw/ne)

Leave A Response »