JAGA KESEHATAN REPRODUKSI, STOP PERNIKAHAN DINI

elmitra 95 FM May 11, 2018 0
JAGA KESEHATAN REPRODUKSI, STOP PERNIKAHAN DINI

Dinkes Kota Sukabumi mengadakan Talkshow di Radio Elmitra Selabintana Kab.Sukabumi, talkshow yang dikemas secara aktif dan atraktif oleh punggawa Icha Raos Andara & Ucup Raos Bro pada hari Jumat 11 Mei 2018 yamg bertemakan mengenai “KESEHATAN REPRODUKSI” . Adapun yang menjadi narasumber yakni Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Sukabumi yaitu Dr. H. Suprapto, S.Pd, S.kp, MM dan Wina juga Erwin sebagai seorang Mahasiswa/I .

WhatsApp Image 2018-05-11 at 08.54.15

H. Suprapto menjelaskan “Kesehatan Reproduksi adalah keadaan sehat secara fisik, mental, dan social secara utuh , tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan yang berkaitan dengan sistem , fungsi, dan proses reproduksi “.

Beliau juga memberikan penjelasan mengenai Pelayanan Kesehatan Reproduksi Remaja , Yang dimana artinya itu adalah “suatu kegiatan / serangkaian kegiatan yang di tunjukan kepada Remaja dalam rangka menjaga kesehatan Reproduksi .”

Erwan dan Wina juga menambahkan “Seperti yang di lihat, Remaja sekarang ini banyak yang tidak memperhatikan bagian dari Reproduksinya. Contohnnya mereka melakukan Sex Bebas, dan terjadi Hamil di luar nikah dan berujung pada Pernikahan dini . Yang dimana pernikahan dini ini sangat di sayangkan sekali apabila terjadi pada anak kita , karena masa depan seorang Remaja itu masih sangat panjang dan pastinya Remaja itu adalah generasi penerus bangsa

H. Suprapto juga menambahkan “ Untuk saat ini pemerintah telah berupaya agar peningkatan pernikahan dini ini bisa menurun yaitu dengan melakukan sosilisasi dengan di adakannya Puskesmas Remaja dan Posyandu Remaja. di Puskesmas Remaja ini, para Remaja bisa konsultasi mengenai kesehatan Reproduksi mereka atau masalah-masalah yang sering terjadi pada Remaja umum lainnya. juga tidak lupa memberikan informasi mengenai batas usia menikah yang pas untuk seorang pria di usia 25tahun dan wanita di usia 21tahun. Hal ini di lakukan agar mengurangi jumlah perceraian dan tentunya agar pasangan yang mau menikah sudah siap dalam hal Fisik maupun Mental .”

H. Suprapto juga menghimbau “Khususnya pada Remaja di Sukabumi , untuk menyibukan dirinya menyalurkan bakat dan hobi di jalur yang positif, agar tidak ada waktu yang luang mencari-cari tahu hal yang negative yang seharusnya tidak di lakukan oleh Remaja .”

Leave A Response »