INGIN PINDAH MEIMILIH ? INI MEKANISME & SYARATNYA !!!

elmitra 95 FM February 2, 2019 0
INGIN PINDAH MEIMILIH ? INI MEKANISME & SYARATNYA !!!

Sabtu 02 Februari 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi menggelar Talkshow di Radio Elmitra Jl. Selabintana wetan Km 7 No 7 Sukabumi. Adapun tema pembahasan yaitu terkait “Tata Cara Mengurus Surat Suara Pindah Memilih atau Document A5 Pada Pemilu 2019”. Hadir sebagai narasumber Anggota KPU Kabupaten Sukabumi Divisi Program Data H. Ayi Saepudin.

2

Pada kesempatan tersebut, H. Ayi Saepudin menjelaskan “untuk kategori Daftar Pemilih di pemilihan umum 2019 ada 3 diantaranya DPT, DPTb & DPK. Terkait Daftar Pemilih Tambahan yaitu pemilih yang telah terdaftar dalam DPT, dikarenakan keadaan tertentu tidak dapat menggunakan hak pilihnya di TPS dimana yang bersangkutan terdaftar, dan menggunakan hak pilihnya di TPS lain”.

Lebih lanjut, H. Ayi Saepudin mengatakan “pindah memilih dapat dilakukan karena keadaan, bekerja diluar domisili, menjalankan tugas pada saat pemungutan suara, menjalankan rawat inap di rumah sakit atau puskesmas dan keluarga yang mendampingi, menyandang disabilitas di panti sosial/ panti rehabilitas, menjalani rehabilitasi narkoba, menjadi tahanan di rumah tahanan atau lembaga permasyarakatan atau terpidana yang sedang menjalani hukuman penjara atau kurungan, tugas belajar/ menempuh pendidikan menengah atau tinggi, tertimpa bencana alam dan pindah domisili”.

3

Selain itu, H. Ayi Saepudin menambahkan “untuk mekanisme mengurus DPTb ini, terlebih dahulu pastikan diri anda terdaftar di DPT, datangi PPS/KPU Kabupaten atau Kota tujuan, dengan membawa E-KTP atau Surat Keterangan, setelah semuah sudah ditempuh maka akan mendapatkan Form A5. Setelah itu laporkan Form A5 ke PPS/KPU Kabupaten atau Kota tujuan makan anda akan didaftarkan dalam DPTb. Penggunaan Form A5 ini, bisa menggunakan hak pilihnya pukul 07.00 s.d 13.00 waktu setempat”.

Diakhir segment H. Ayi saepudin mengajak kepada seluruh Masyarakat khususnya di Kabupaten Sukabumi jika ingin Pinda memilih agar segera mengurus Form A5 paling lambat 60 hari sebelum hari H, tepatnya 17 Februari 2019. Untuk informasi lebih jelas bisa langsung menghubungi WA KPU kabupaten sukabumi di 0856 2477 7088. Selain itu juga menghimbau kepada masyarakat Kab.Sukabumi agar nanti pada Rabu, 17 April 2019 untuk menggunakan Hak suaranya dengan datang ke TPS”.

Leave A Response »