Hoaks dan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual Kepada Perempuan

elmitra 95 FM February 18, 2019 0
Hoaks dan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual Kepada Perempuan

Kolaborasi kerjasama LAKPESDAM PBNU, LAKPESDAM PCNU Kabupaten Sukabumi, DROUPADI Foundation, Koalisi Perempuan Indonesia Jawa Barat, Jaringan Perempuan Jawa Barat & Task Force Jawa Barat mengadakan talkshow di Radio Elmitra 95 Fm Sukabumi pada 17 februari 2019 pukul 14.00 Wib dengan mengangkat tema “ Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual Kepada Perempuan dan Hoaks”

WhatsApp Image 2019-02-17 at 17.05.21 (2)

Adapun  narasumber yang hadir pada kesempatan tersebut diantaranya : Dr. Marzuki Wahid, MA. Sekjend LAKPESDAM PBNU Indonesia, H. Daden Sukendar perwakilan dari LAKPESDAM PCNU Kabupaten Sukabumi, Ni Loh Gusti Madewanti perwakilan dari DROUPADi Foundation, Darweni perwakilan dari Koalisi Perempuan Indonesia Jawa Barat, serta anggota dari Jaringan Perempuan Jawa Barat.

Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual Kepada Perempuan berisikan tentang upaya penghapusan kekerasan seksual yang kian marak terjadi di masyarakat, dan didalam RUU ini pula dibahas cara menanggulangi korban pasca terjadinya kekerasan seksual, baik healing secara fisik dan juga mental.

Namun pada kenyataannya, RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Kepada Perempuan ini disebarluaskan dalam bentuk Hoaks atau berita bohong oleh beberapa orang yang memiliki kepentingan secara individu ataupun kelompok, sehingga membuat kesalahpahaman masyarakat terhadap substansi dari RUU tersebut.

3

Maka, LAKPESDAM PBNU, LAKPESDAM PCNU Kabupaten Sukabumi, DROUPADI Foundation, Koalisi Perempuan Indonesia Jawa Barat, Jaringan Perempuan Jawa Barat & Task Force Jawa Barat mensosialisasikan kepada masyakat bagaimana cara membedakan berita yang benar dan berita yang bohong ( Hoaks ) dan isi secara utuh dari RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Kepada Perempuan.

LAKPESDAM PBNU, LAKPESDAM PCNU Kabupaten Sukabumi, DROUPADI Foundation, Koalisi Perempuan Indonesia Jawa Barat, Jaringan Perempuan Jawa Barat & Task Force Jawa Barat berharap, RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Kepada Perempuan ini segera disahkan, tujuannya agar Kekerasan dalam bentuk apapun kepada sesama manusia khususnya perempuan dapat terminimalisir karena Pelaku dan Korban sudah terikat dengan RUU tersebut.

Leave A Response »