HATI – HATI MODUS PENIPUAN SEMAKIN MARAK! KENALI CIRI – CIRINYA

elmitra 95 FM July 5, 2019 0
HATI – HATI MODUS PENIPUAN SEMAKIN MARAK! KENALI CIRI – CIRINYA

Pada hari Rabu 3 juli 2019, Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Bidang Pemberdayaan Sosial Seksi pendayagunaan potensi sumber kesejahteraan sosial dan sumbangan sosial menggelar Talkshow di Radio Elmitra dalam rangka sosialisasi mencegah dan meminimalisir penipuan berkedok Undian Gratis Berhadiah (UGB), hadir sebagai Narasumber Ari Harmedi dan Dadang Sutarman. Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat melakukan agenda sosialisasi rutin disetiap tahun.

UGB atau Undian Gratis Berhadiah ini adalah suatu undian yang diselenggarakan secara Cuma Cuma dan digabungkan atau dikaitkan dengan perbuatan lain, dalam hal ini adalah suatu bentuk promosi / penjualan produk atau barang maupun jasa yang dilakukan oleh pelaku usaha atau suatu badan dengan iming iming hadiah. UGB terdiri dari dua jenis yaitu UGB Langsung dan UGB Tidak Langsung .

Tujuan pemerintah dalam penyelenggaraan izin Undian Gratis Berhadiah adalah agar terhimpunnya dana berupa pajak atas hadiah yang dipungut dari pemenangnya, terhimpunnya sumbangan Dana Usaha Kesejahteraan Sosial sebagai titipan dana masyarakat yang diperlukan bagi kepentingan penanganan masalah kesejahteraan sosial, terciptanya keadaan yang kondusif bagi terselenggaranya undian secara tertib dan transparan sesuai dengan perundang undangan serta adanya pengawasan dari pemerintah dalam rangka pelaksanaan UGB yang dapat dipertanggungjawabkan secara benar dengan ketentuan yang berlaku.

Menurut Dadang Sutarman, mekanisme atau prosedur pengambilan hadiah yang biasanya resmi dalam setiap penyelenggaraan undian adalah apabila setelah masa berakhirnya pelaksanaan penyelenggaraan undian atau setelah dilakukan penarikan / pengundian ( untuk Undian Tidak Langsung) dan proses penyegelan ( untuk Undian Langsung), pihak penyelenggara akan mengumumkan daftar nama nama pemenang melalui media cetak dan selanjutnya pihak penyelenggara mengirimkan surat pemberitahuan secara resmi kepada para pemenang.

Ari Harmedi juga memberitahu bagaimana caranya untuk membedakan undian asli dan undian palsu. Untuk Undian Asli ciri cirinya adalah mencantumkan poin poin yang penting saja, serta menggunakan kop surat dan nomor telepon yang dapat dihubungi, Undian Asli tidak pernah menggunakan nomor handphone, selalu memberikan petunjuk untuk pengambilan hadiah dan memberikan tengang waktu pengambilan hadiah cukup lama. Kurnaesih menambahkan, sedangkan untuk Undian Palsu pemberitahuan nya bertele tele, biasanya mengatasnamakan Kepolisian, Dirjen, Notaris , Depsos RI dll. Undian Palsu menggunakan kop surat dan nomor telepon yang tidak benar, selalu menggunakan nomor handphone, tidak memberikan petunjuk yang jelas, dan tenggang waktu pengambilan hadiah 1-2 hari.

Selain tema diatas, pada kesempatan yang sama Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat memberikan materi mengenai Pengumpulan uang atau barang (PUB) atau yang biasa dikenal masyarakat dengan Dana Sumbangan.

Dimana PUB dapat diselenggaran oleh suatu organisasi atau kepanitiaan yang memenuhi persyaratan dan telah mendapat izin dari pejabat yang berwenang, dalam hal ini pejabat yang dimaksud adalah walikota/bupati ditingkat daerah, gubernur ditingkat provinsi dan menteri sosial ditingkat nasional.

Leave A Response »