HATI-HATI DENGAN WABAH DIFTERI

elmitra 95 FM December 14, 2017 0
HATI-HATI DENGAN WABAH DIFTERI

Difteri penyakit menular akibat kuman Corynebacterium Diptheriae kembali mewabah di Indonesia, hingga November 2017 Kementerian Kesehatan mencatat setidaknya ada 95 kab/kota di 20 provinsi terserang wabah Difteri dan 32 kasus di antaranya meninggal dunia. Maka dari itu Dinas Kesehatan Kota Sukabumi secara cepat mensosialisasikan kepada masyarakat dengan menggelar Talkshow di Radio elmitra Sukabumi pada hari Kamis, 14 Desember 2017. Adapun yang menjadi Narasumber yaitu Kabid Pengendalian dan Pemberantan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Sukabumi, dr Lulis Delawati dengan materi “kenali Bahaya dan Cegah Wabah Difteri“, Talkshow tersebut dikawal secara langsung oleh Firman Raos Casanova & Syarah Raos Sihombing.

2

Dalam kesempatan tersebut dr. Lulis Delawati mengatakan “difteri adalah penyakit menular akibat bakteri Corynebacterium Diptheriae yang mudah sekali menular melalui batuk atau bersin. bakteri tersebut paling banyak bersarang di tenggorokan dan hidung sehingga membentuk selaput putih dan tebal yang lama-lama menutupi saluran nafas, difteri bisa menyerang bayi, anak-anak, dan paling banyak balita dan usia sekolah, serta remaja.

Selain itu dr. Lulis Deliawati menjelaskan “penyebab seseorang terkena Difteri yaitu karena belum pernah diimunisasi sama sekali, atau belum pernah diimunisasi DPT”.  Dr. Lulis Delawati menambahkan “Jika kemudian didiagnosa difteri, maka seseorang mesti dirawat inap, lalu diberi antibiotik. Yang bahaya kalau kuman tersebut mengeluarkan racun atau toksin yang merusak fungsi jantung dan saraf. Yang terkena difteri harus diisolasi selama dua minggu, dan semua yang di sekitarnya baik itu ibu, nenek, kakak, kerabat lainnya patut diperiksa juga. Bahkan, sebenarnya yang perlu diprioritas imunisasi adalah mereka yang kontak dengan pasien, apakah anggota keluarga, teman sekolah, atau tetangga. Imunisasi untuk cegah difteri ini mesti diulang setiap 10 tahun”.

Pada akhir segmen dr. Lulis Delawati mengatakan “di Kota Sukabumi sampai saat ini tidak ada yang terkena wabah difteri dan berharap jangan sampai ada yang terkena wabah tersebut. Maka dari itu agar masyarakat membiasakan hidup bersih dan sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.

Leave A Response »