HAS TAHUN 2018, SUKABUMI SEHAT SUKABUMI LEBIH BAIK

elmitra 95 FM December 6, 2018 0
HAS TAHUN 2018, SUKABUMI SEHAT SUKABUMI LEBIH BAIK

Pemerintah Kabuapaten Sukabumi menggelar Peringatan Puncak Hari Aids Sedunia (HAS) Tahun 2018 tingkat Kabupaten Sukabumi dengan tema “Saya Berani, Saya Sehat ! Ada Obat,  Ada Jalan” . Bertempat di Hotel Pangrango Selabintana Sukabumi,  Kamis 06 Desember 2018.

6

Dalam kesempatan tersebut secara resmi Bupati Sukabumi Sekaligus Ketua KPA Kabupaten Sukabumi H. Marwan Hamami membuka acara, hadir Perwakilan KPA Provinsi Jawa Barat, Ketua Pelaksana Harian III KPA Kabupaten Sukabumi Asep Abdul Wasit, Sekertaris KPA Kabupaten Sukabumi dr. Asep Suherman,  Forkopimda Kabupaten Sukabumi,  Ketua TP PKK Kabupaten Sukabumi Hj.Yani Jatnika Marwan,  Camat Se Kabupaten Sukabumi, 500 perwakilan Mahasiswa dan Siswa di Kabupaten Sukabumi serta tamu undangan lainnya.

Tujuan dilaksanakan peringatan Has Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Sukabumi yaitu, untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat terhadap Hiv Aids dengan berani mengakses layanan kesehatan, melakukan tes Hiv dan melanjutkan dengan pengobatan ARV sedini mungkin jika terdiagnosa Hiv. Pesan kunci yang harus diketahui, bahwa Hiv adalah virus yang menyebabkan penyakit kronis yang dapat dikelola, layaknya penyakit kronis lainnya seperti diabetes melitus atau hipertensi. Hiv sudah ada obatnya yaitu Anti Retro Viral (ARV), pengobatan ARV menjaga ODHA tetap sehat dan produktif serta dapat mencegah penularan baru.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya, pemutaran Film pencegahan Hiv Aids, Peresmian Koperasi Mitra Relawan Sukabumi yaitu Waserda Mitra Sejahtera yang ditandai dengan penandatanganan berita acara peresmian dan pembukaan selubung papan nama, pemberian penghargaan bagi penggiat Hiv Aids, Pemberian bansos untuk Odha & Adha, Roadshow Pemuda Milenial dengan tema “Aksi Semangat Untuk Indonesia Kondusif”, dengan narasumber Yuki Arifin M (Vocalis Pass Band).

10

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyampaikan “Tidak  ada waktu untuk diam bagi Pemda Sukabumi & KPA dalam mensosialisasikan persoalan – persoalan penyebaran Hiv Aids,  salah satunya dengan mengajak generasi muda untuk mengerti pada persoalan Hiv Aids,  bahkan Generasi muda ini harus bisa membantu kerja KPA dalam mensosialisasikan kembali kepada teman sebayanya”.

Selain itu, H. Marwan Hamami menambahkan “Generasi muda ini diharapkan bisa menjadi ujung tombak dan memberikan contoh yang baik,  dan tidak untuk coba – coba memakai jarum suntik,  narkoba, dll. Persoalan saat ini generasi muda dengan mudahnya mendapatkan obat dan minuman berbahaya di warung-warung.  Maka dari itu, Permasalahan Hiv Aids ini bukan hanya permasalahan Pemda dan KPA saja, tetapi harus adanya peran aktif dari lintas sektor dan seluruh kalangan masyarakat”.

Sementara itu,  Sekertaris KPA Kabupaten Sukabumi dr. Asep Suherman mengatakan” Sampai saat ini data yang terinveksi Hiv Aids di Kabupaten Sukabumi berjumlah 751 orang,  data tersebut ditemukan oleh layanan yang ada di Kabupaten Sukabumi, namun apabila ditambahkan dengan data di luar layanan di Kabupaten Sukabumi misalkan yang berobat ke daerah kota jumlahnya lebih dari itu. Karena jika orang Kabupaten berobat di daerah kota, maka datanya akan masuk di Kota”.

Lebih lanjut, dr. Asep Suherman menyampaikan “adapun yang terkena inveksi Hiv Aids di Kabupaten Sukabumi, didominasi  oleh umur yang produktif kisaraan usia 16-34 tahun,  lebih dari 50%. Maka dari itu,  generasi milenial harus di cegah agar tidak terinveksi”.

Leave A Response »