GEOPARK CILETUH, DESTINASI WISATA ANDALAN SUKABUMI

elmitra 95 FM March 12, 2019 0
GEOPARK CILETUH, DESTINASI WISATA ANDALAN SUKABUMI

BIMTEK Pengembangan Destinasi Geopark di Ciletuh Kabupaten Sukabumi dilakukan oleh Kementrian Pariwisata republik Indonesia, Komisi X DPR-RI dan Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi pada hari Selasa  (12/03/19).

Geopark, atau terjemahannya yaitu Taman Bumi. adalah area terpadu yang memiliki fitur geologi yang signifikan yang dikelola menggunakan konsep konservasi, pendidikan, dan pengembangan keberlanjutan, keberadaan Geopark sendiri diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan memberikan pelajaran kepada masyarakat terhadap isu-isu lingkungan yang dihadapi saat ini seperti penggunaan sumber daya alam, pemanasan global, dan mitigasi bencana alam.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementrian Pariwisata Dra. Riwud Mujirahayu, M.pd memaparkan “Kegiatan hari ini adalah dalam rangka meningkatkan kualitas SDM yang di lingkungan destinasi wisata geopark ciletuh agar mereka memiliki awareness terhadap lingkungannya karena Pariwisata adalah salah satu bagian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan devisa negara”

Riwud Mujirahayu  menambahkan “Yang menjadi fokus utama Kementrian Pariwisata saat ini adalah mengembangkan destinasi dengan 3A, Atraktif, aksesibilitas dan Amenitas. Kemenpar berharap Sukabumi menjadi The Best Destination untuk wilayah Jawa Barat, dan Kemenpar bersyukur Ciletuh sudah mendapatkan serifikat UNESCO”

Sementara itu, Wakil Ketua dan Kapoksi Komisi X DPR-RI Dr. Hj. Reni Marlinawati menyebutkan “Kegiatan siang ini bertujuan untuk bersama-sama menyamakan energi dan spirit dan ritme untuk mengembangkan destinasi wisata geopark ciletuh karena Geopark ciletuh sudah memenuhi syarat untuk menjadi destinasi Internasional karena sudah memiliki 3A  maka dari itu harus ada dampak ekonomi bagi masyarakat disekitarnya”

Reni Marlinawati menambahkan “Berkaitan dengan Aksesibilitas, Sukabumi saat ini sedang melakukan pengembangan dengan sedang dibangunnya jalan Tol, akan dibangunnya bandara dan dibangunnya double track, maka dari itu para wisatawan yang akan datang ke Sukabumi diharapkan mampu memberikan dampak yang positif yang salah satunya dampak ekonomi , sehingga harapannya semakin berkembang pariwisata di satu daerah maka akan semakin makmur masyarakatnya”

Leave A Response »