Gender Transformatif, Perempuan Berhak Atas Masa Depannya

elmitra 95 FM September 17, 2018 0
Gender Transformatif, Perempuan Berhak Atas Masa Depannya

Dalam rangka sosialisasi dan memberikan pemahaman terkait gender kepada masyarakat luas, Aliansi Yes I do meliputi PKBI dan PUPUK juga Aliansi Remaja Independet (ARI) Sukabumi menggelar Talkshow di Radio Elmitra 95fm Sukabumi Senin 17 September 2018, yang bertemakan “Gender Transformatif, Perempuan Berhak Atas Masa Depannya”. Hadir sebagai narasumber Siti Syarifah (Anggota PKBI Sukabumi), Siti Nurmilansyah (Co PUPUK) dan Sida Siddikah Tahira (Anggota ARI Sukabumi). Talkshow tersebut dikawal langsung oleh Respi Raos Saputri.

3

Sida Siddikah Tahira menjelaskan “Kesetaraan gender merupakan suatu keadaan dimana laki-laki dan perempuan disejajarkan sama. Sejajajr disini memiliki arti sama-sama memperoleh hak sebagai manusia dan sama-sama menjalankan perannya dalam keiukutsertaan kegiatan politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan pertahanan dan keamanan nasional (hankamnas), serta kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan tersebut”.

Sida Siddikah Tahira menambahkan “Pada kajian kesetaraan gender juga telah adanyanya penetapan serta penghapusan diskriminasi  serta keidakadilan dalam berntuk struktural baik laki-laki maupun perempuan. Dalam hal ini bukan berarti laki-lak dan wanita sama-sama memiliki kekuatan fisik yang sama, akan tetapi hal untuk melakukan pekerjaan baik laki-laki ataupun perempuan disesuaikan dengan kriteria tertentu.

Sementara itu, Siti Syarifah menyampaikan Sistem norma dan kepercayaan mengenai gender berbeda-beda dalam masing-masing kebudayaan dan tidak ada standar universal maskulin atau feminin yang berlaku bagi seluruh masyarakat, Peran sosial pria dan wanita berasal dari norma kebudayaan masyarakat tertentu yang menyusun sebuah system gender yang juga mencakup pembedaan jenis kelamin dan pengutamaan sifat maskulin.

Selain itu, Siti Nurmilansyah mengatakan “pada dasarnya kesetaraan gender berhubungan langsung dengan keadilan gender. Keadilan gerder sendiri merupakan suatu perlakuan yang sama, rata dan adil antara laki-laki dan perempuan. Indikator keberhasilan keadilan gender dan kesamaan gender dapat dilihat dari tidak adanya diskriminasi terhadap laki-laki maupun perempuan”.

Ketiga narasumber menyampaikan adanya kesamaan gender juga bermanfaat lebih untuk setiap laki-laki maupun perempuan. Karena dari hal tersebut seseorang akan sama-sama memiliki peluang yang besar dalam mengakses sumber daya yang ada.

Leave A Response »